Sukses

Wuling Almaz RS Dilengkapi Internet of Vehicle, Begini Cara Pakainya

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Almaz RS menjadi produk terbaru yang dimiliki Wuling Motors. Flagship model dari Wuling ini dilengkapi sederet teknologi canggih, salah satunya Internet of Vehicle (IoV).

IoV memiliki fungsi yang perannya cukup penting dan juga bisa dimanfaatkan untuk "meringankan beban" pengguna mobil. Boleh dibilang, IoV ini bisa sebagai pengganti kunci remote mobil yang serba bisa.

Syarat untuk menikmati fitur ini adalah dengan cara mengunduh aplikasi My Wuling Plus melalui smartphone Anda. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk Android. Untuk iOS yang merupakan sistem operasi perangkat keras dari Apple nampaknya harus bersabar.

"Alasannya kenapa (hanya Android), saya belum bisa jawab," jawab singkat Suhendri Laiman selaku Product Planning Wuling Motors menjawab pertanyaan Liputan6.com.

 

Secara garis besar, IoV memiliki beberapa fitur, di antaranya Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? "Pertama unduh dulu aplikasi My Wuling Plus. Setelah mengunduh harus meregistrasi akun dengan mengisi data diri, mencantumkan alamat email serta set password," ujar Henri, sapaan karib Suhendri Laiman.

Setelah teregistrasi, untuk bisa mengaktifkan IoV, user harus "mengikat" kendaraan tersebut dengan cara mengaktifkan Bluetooth Key.

"Jadi harus komplit, dua hal itu enggak boleh terpisah. Untuk "mengikat" bluetooth bisa juga melalui scan (barcode) di headunit atau bisa mengikuti perintah yang ada di sini (aplikasi)," jelas Hendri. Jika sudah aktif, Anda bisa menikmati seluruh fitur yang ditawarkan IoV.

Untuk mengetahui posisi atau lokasi terkini kendaraan melalui smartphone, Anda bisa memanfaatkan fitur Vehicle Positioning. Fitur ini sangat membantu saat lupa dimana Anda memarkirkan Almaz RS.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memanjakan

Fitur Vehicle Remote Control berfungsi sebagai alat kendali jarak jauh melalui smartphone atau handphone (Hp). Fitur ini bermanfaat banget bagi Anda yang "mageran" (malas gerak). Cukup dari Hp, Anda bisa memanaskan mesin mobil sambil rebahan di kamar tanpa harus bergerak ke garasi.

"Untuk memanaskan mesin, kondisi mobil harus terkunci rapat termasuk engine hood. Jadi kalau kondisi pintu tidak terkunci tapi kita mau hidupkan mesin maka nanti akan muncul notifikasi sistem gagal beroperasi di aplikasi tersebut," ujar Hendri.

Lebih lanjut Hendri menyampaikan, saat mesin dihidupkan sejatinya mobil tersebut belum benar-benar dalam keadaan siap dikendarai. "Soalnya yang aktif hanya bagian mesin saja," tuturnya.

Sebagai pengamanan ganda, saat mesin dinyalakan melalui fitur tersebut, maka tuas persneling tidak bisa digeser atau terkunci. Kalaupun pedal gas diinjak maka mesin akan mati. Jadi fungsi fitur ini hanya sebatas untuk memanaskan mesin saja.

Selain berfungsi untuk memanaskan mesin, melalui fitur ini Anda juga bisa menyalakan AC untuk mendinginkan kabin, membuka dan menutup jendela, serta kunci pintu.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Lainnya

Bagaimana dengan fitur Bluetooth Key? Melalui fitur ini Anda bisa membuka dan menutup kunci kendaraan melalui koneksi Bluetooth dari Hp.

Fitur lain yang dimiliki teknologi IoV adalah Geo-Fencing Security. Fungsinya sebagai "pagar elektronik" dengan radius tertentu.

"Cara menggunakannya, kita harus tentukan dulu posisi mobilnya sebagai pusat geo-fence, baru kita atur radiusnya dengan maksimum jarak hingga 10 kilometer," tutur Hendri.

"Kalau kendaraan yang sudah diatur Geo-Fencing ini keluar dari radius yang ditentukan, nanti akan muncul notifikasi di aplikasi tersebut. Begitu juga saat kendaraan itu sudah masuk ke radius yang sudah ditentukan tadi, akan ada notifikasi lagi," tambahnya.

Dan fitur yang terakhir adalah Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Melalui fitur ini Anda bisa melihat navigasi, memutar lagu favorit, ataupun berkirim pesan melalui head unit.

Fungsi ini juga didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia (WIND) sehingga konsentrasi selama berkendara dapat selalu terjaga.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.