Sukses

Isuzu Panther Disuntik Mati, All-New MU-X 2021 Meluncur

Produksi Isuzu Panther di Indonesia resmi dihentikan.

Liputan6.com, Jakarta - Produksi Isuzu Panther di Indonesia resmi dihentikan. Meski begitu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akan menghadirkan model terbaru dari SUV andalannya saat ini, All-New MU-X 2021.

Direktur IAMI Rahmat Samulo dalam Isuzu Media Gathering 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (10/2/2021), mengatakan, MU-X terbaru itu akan membawa sejumlah perubahan atau perbaikan dari model sebelumnya. Perubahan itu dilakukan setelah dalam beberapa tahun terakhir Isuzu terus mempelajari keinginan pasar Indonesia dan mengevaluasi kehadiran MU-X.

Selain All-New MU-X 2021, Isuzu juga akan menghadirkan truk pikup terbaru dengan menambahkan model D-Max yang sudah beredar di Indonesia selama ini.

Presiden Direktur IAMI Ernando Demely menegaskan, pihaknya akan memfokuskan bisnisnya di Indonesia pada segmen kendaraan komersial (commercial vehicle), yang ditandai dengan disuntik matinya Isuzu Panther.

Selama 2020, IAMI telah menjual total 17.855 unit kendaraan komersial, atau tumbuh 0,7 persen dibanding 2019, dengan pangsa pasar 3,1 persen. Dari total penjualan itu, Isuzu Traga mengambil porsi 6.660 unit dengan market share 30,6 persen, Isuzu Elf 8.596 unit (22,4 persen), dan Isuzu Giga 1.292 unit (13,2 persen). 

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Isuzu 2021

Untuk 2021, target Isuzu di Indonesia adalah mencapai target pangsa pasar Isuzu Elf 25 persen, Isuzu Giga 14 persen, dan Isuzu Traga 36 persen.

Isuzu juga menerapkan strategi-strategi baru di tahun menyusul perubahan tren yang terjadi di industri terutama sejak pandemi Virus Corona melanda Indonesia, di mana transaksi online semakin berkembang yang ditandai dengan peningkatan penetrasi pada e-commerce.

Pergeseran juga terjadi pada layanan purnajual (after sales), dengan fakta bahwa pemanfaatan layanan service bergerak Isuzu selama 2020 juga meningkat signifikan, kemudian transformasi digital karena sebagian orang sekarang telah memanfaatkan media digital dalam kehidupan sehari-hari terutama di tengah pandemi.

Pada 2021 ini, Isuzu juga menganggap masih penuh tantangan, selain pandemi yang belum usai--meski optimistis setelah distribusi vaksin--, penerapan emisi Euro4 dan peningkatan bio fuel di Indonesia harus diantisipasi, ketiga adalah peningkatan jangkauan pemasaran dan layanan Isuzu di seluruh Indonesia.

Isuzu saat ini memiliki 121 outlet dan layanan purna jual di seluruh Indonesia, ditambah 139 kendaraan yang memfasilitasi layanan bengkel (Bengkel Isuzu Berjalan), dan 2.403 mitra gerai suku cadang.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.