Sukses

SUV Mewah Hyundai Genesis Punya Teknologi Biometrik, untuk Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Merupakan merek premium di bawah naungan Hyundai Motor, SUV Genesis memiliki beberapa fitur canggih, salah satunya teknologi biometrik. Terdapat pada GV70, teknologi ini diklaim mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

Meluncur pertengahan Desember, mobil SUV ini mengadopsi sistem sidik jari untuk menyimpan data dan membantu pengemudi melakukan pembayaran saat sedang berkendara.

Seperti dilansir Car and Bike, Senin (30/11/2020), pemindai sidik jari yang terletak di bawah tombol start and stop memungkinkan pengemudi membayar parkir melalui sistem Genesis CarPay.

Sistem ini tidak terlalu berbeda dari pembayaran biometrik menggunakan Apple Pay pada iPhone. Tak hanya itu, sistem ini juga diklaim sangat pintar, sehingga berfungsi untuk mode valet.

Pengemudi bisa menyembunyikan data pribadi seperti, buku telepon, alamat rumah dari sistem infotainment saat mobil dikendarai orang lain. Dihubungkan langsung ke pengaturan mobil, data biometrik juga bisa membuka mobil menggunakan aplikasi yang terhubung.

Selain itu, teknologi canggih ini juga bisa menyalakan mesin menggunakan pengenalan sidik jari tanpa menggunakan tombol lain.

Saat sensor sidik jari diaktifkan, mobil juga mengembalikan semua pengaturan yang telah ditetapkan, termasuk posisi kursi pengemudi, roda kemudi, data navigasi, serta volume dan profil sistem suara.

2 dari 4 halaman

Mesin

Meski demikian, tak ada informasi resmi, apakah pemindai sidik jari menggunakan sistem optik atau ultrasonik. Apabila masih mengadopsi sistem optik, teknologi yang diusung bukanlah yang paling aman.

Namun, penggunaan ultrasonik juga tak sepenuhnya mulus, karena daya tanggap sistem ini masih menjadi pertanyaan. Selain pemindai sidik jari, mobil ini juga mendapatkan sensor bertenaga di bagian belakang yang dapat membaca material non-logam.

Genesis GV70 hadir setelah peluncuran GV80. Terkait informasi mesin, pabrikan mobil asal Korea Selatan tersebut masih enggan menyebutkan secara rinci.

Kemungkinan, mobil terbaru ini akan memiliki versi penggerak roda depan dan all-wheel-drive karena dibenamkan mesin 2.5 liter turbo atau mesin V6 twin-turbo.

3 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: