Sukses

Jadi Saksi Penembakan John F. Kennedy, Mobil Klasik Ini Terjual Rp5,5 Miliar

Menjadi saksi bisu penembakan presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, mobil klasik Lincoln Continental 1963 berhasil terjual dengan harga fantastis.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi saksi bisu penembakan presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, mobil klasik Lincoln Continental 1963 berhasil terjual dengan harga fantastis.

Menggunakan sistem lelang, mobil tersebut merupakan kendaraan yang mengantar John F. Kennedy, sang istri Jackie Kennedy dan Gubernur Texas John Connally pada 22 November 1963.

Seperti dilansir Daily Mail, Senin (19/10/2020), Lincoln Continental merupakan kendaraan terakhir yang digunakan John F. Kennedy. Mobil tersebut rencananya akan mengantarkan sang Presiden ke pangkalan udara sebelum melakukan penerbangan ke Dallas.

Meski bukan kendaraan resmi presiden, Lincoln berkelir putih dipinjamkan kepada Gubernur Texas, Connally atas kunjungan yang dilakukan saat itu.

Setelah kejadian terjadi, mobil klasik ini akhirnya dijual secara pribadi. Berpindah tangan beberapa kali, mobil tersebut akhirnya dibeli kolektor memorabilia kepresidenan pada tahun 2013, Jim Warlick.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga

Dia menawarkannya di lelang Bonhams American Presidential Experience dimana mesinnya diganti dan dicat ulang, tetapi interior merahnya tetap asli.

Meski mobil tersebut diharapkan terjual hingga $ 500.000 atau setara dengan Rp7,3 miliar, namun hasil akhir yang didapatkan berada di angka $ 375.000 atau Rp5,5 miliar.

3 dari 4 halaman

Tua dan Berkarat, Harga Mobil Klasik Ini Tembus Rp11 Miliaran

Di mata para penggemarnya, mobil klasik memiliki nilai yang sangat tinggi. Bahkan, mobil tersebut masih memiliki nilai meski dalam keadaan rusak dan berkarat.

Seperti Mercedes-Benz 300SL Roadster 1961 yang baru-baru ini dibeli oleh seseorang di Beverly Hills Car Club. Menurut Motorious, mobil yang sudah rusak dan karatan itu dibeli seharga USD 800.000 atau setara Rp 11 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 13.895).

Sudah bisa dipastikan bahwa pembeli itu harus melakukan restorasi habis-habisan untuk 300SL yang disebut ditemukan di gudang rahasia itu. Mobil itu ditengarai adalah satu dari 256 300SL Roadster.

Mobil tua itu juga disebut merupakan satu di antara 101 mobil berwarna biru muda, dengan kode #354. Saat dijual, mobil ini disertai dengan dokumen tagihan asli penjual mobil, manual pemilik, dan setumpuk catatan layanan yang bertanggal hingga tahun 1968.  

Menurut dokumen tersebut, mobil klasik itu pertama kali dibeli pemilik pertamanya pada 20 Juni 1961. Menariknya, pada odometer mobil tua itu tertera angka 121.713 kilometer.

4 dari 4 halaman

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.