Sukses

Persiapan Masa Depan, Grup Peugeot dan Total Kerjasama Bangun Pabrik Baterai

Dengan perjanjian kerjasama ini, Grup PSA dan Total akan menjadi supplier baterai otomotif kelas dunia dan mulai memproduksi baterai pada 2023

Liputan6.com, Jakarta - Industri kendaraan listrik di masa depan akan berkembang dengan pesat. Bahkan, persiapannya sudah dilakukan beberapa waktu lalu, dan saat ini sudah mulai menggeliat berbagai mobil atau motor ramah lingkungan yang beredar di pasar.

Sejatinya, peluang dari industri kendaraan emisi rendah ini, adalah baterai. Bahkan, hal tersebut sangat disadari Grup Peugeot, yang bekerjasama dengan Total untuk mendirikan pembangunan pabrik guna mengakomodir kebutuhan energi kendaraan di masa mendatang.

Dengan perjanjian kerjasama ini, Grup PSA dan Total akan menjadi supplier baterai otomotif kelas dunia dan mulai memproduksi baterai pada 2023.

Total berkontribusi pada bagian Research & Development (R&D) dan Grup PSA bakal mengembangkan di bagian produksi baterai tersebut.

Lokasi R&D di Bordeaux dan Nersac, Perancis mulai beroperasi untuk mengembangkan baterai Lithium-ion performa tinggi.

Pada tahap akhir R&D produksi baterai direncanakan rilis di pabrik berskala besar di wilayah Douvrin (Prancis) dan Kaiserslautern (Jerman). Rangkaian proyek ini bukti keseriusan Peugeot Global melirik industri sebagai peluang besar.

Proyek ini bertujuan untuk merespon tantangan transisi energi, dan mengurangi dampak lingkungan dari energi konvensional serta memberikan energi alternatif yang bersih dan terjangkau.

Kemudian, menghasilkan baterai untuk kendaraan listrik berteknologi tinggi pada sisi performa, otonomi, daya isi ulang, dan emisi rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan pemerintah

Membangun kapasitas produksi yang esensial bagi perkembangan pasar mobil full elektrik untuk pasar Eropa yang terestimasi sebesar 400 GWh pada 2030.

Memastikan kemandirian industri baterai di Eropa yang menghasilkan lebih dari 10 persen kebutuhan baterai dari pasar mobil listrik di Eropa pada 2030 mendatang. Menjadi pemain industri baterai kendaraan listrik yang kompetitif.

Proyek ini mendapatkan dukungan finansial dari pemerintah Prancis dan Jerman dengan total dana hingga 1.3 Miliar Euro.

 

3 dari 3 halaman

Persetujuan IPCEI

Selain itu proyek ini mendapatkan persetujuan dari institusi Eropa (IPCEI), sebagai perwakilan dari badan yang mengatur perubahan transisi energi. Keseluruhan proyek ini akan membutuhkan investasi lebih dari 5 miliar Euro.

Dijelaskan Carlos Tavares, Chairman dari Grup PSA, konstruksi untuk menghasilkan baterai Eropa secara mandiri sekarang akan menjadi kenyataan.

"Saya ingin berterima kasih terhadap komitmen dari tim Total dan tim Grup PSA yang telah membuat proyek ini menjadi kenyataan. Langkah selanjutnya sudah sangat jelas yaitu menawarkan energi yang bersih, aman, dan terjangkau bagi masyarakat luas,” ujar Carlos Tavares, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (21/9/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini