Sukses

Ini Penyebab Utama Rem Motor Macet

Liputan6.com, Jakarta - Banyak peristiwa kecelakaan terjadi karena sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik. Hal yang paling sering terjadi ialah rem secara tiba-tiba blong.

Penyebab lain rem tiba-tiba macet ialah tuas rem tak bisa kembali ke posisi semula setelah ditarik. Akibatnya, roda tidak bisa kembali berputar meskipun tuas rem sudah dilepas.

Hal ini terjadi karena kampas rem masih tetap melekat pada bagian roda. Salah satu cirinya ialah kendaraan terasa lebih berat saat berjalan atau didorong.

Penyebab umum rem kendaraan macet ialah kotoran yang melekat. Untuk lebih lengkap, simak ulasannya seperti dilansir Suzuki Indonesia, Senin (31/8/2020).

Kotoran

Kotoran merupakan penyebab utama rem mengalami macet atau seret. Kotoran biasanya berasal dari debu yang masuk dan akhirnya melekat pada piringan rem.

Apabila debu tidak segera dibersihkan, maka rem cakram menjadi seret dan macet secara tiba-tiba.

Karat

Hampir sama dengan debu dan kotoran, karat biasanya terdapat pada bagian piringan rem. Akibat yang ditimbulkan juga sama, yakni macet dan seret.

2 dari 3 halaman

Kampas Rem

Kampas rem merupakan bagian luar dari rem. Akan menempel saat tuas rem ditarik, tujuan penggunaan kampas rem adalah menghindari gesekan langsung antara piringan cakram dan bagian roda kendaraan.

Apabila terjadi gesekan langsung, bagian roda, kampas rem akan lebih cepat aus dan habis. Akibatnya, rem tak akan berfungsi sempurna, dan akan menimbulkan suara berdecit.

Saat hal ini terjadi, kampas rem harus diganti dengan yang baru untuk menghindari terjadinya rem blong.

Rem macet juga bisa disebabkan kampas rem yang baru dipasang. Pemasangan yang tidak pas, atau penggunaa suku cadang plasu menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan sebaiknya menggunakan kampas rem di bengkel resmi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: