Sukses

Buat yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Toyota Alphard dengan Vellfire

Alphard dan Vellfire menjadi duet maut mobil keluarga mewah milik PT Toyota Astra Motor (TAM)

Liputan6.com, Jakarta - Alphard dan Vellfire menjadi duo mobil keluarga mewah milik PT Toyota Astra Motor (TAM). Meskipun berada di segmen yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar, termasuk kemunculannya di Tanah Air.

Toyota Alphard sendiri muncul sebagai produk Japan Domestic Market (JDM) pada 2002. Lalu, model ini masuk ke Indonesia pada 2018, dan disusul Vellfire pada 2015.

Melansir laman resmi pressroomtoyotaastra.com, Toyota Alphard sendiri diposisikan untuk menggantikan 4 model MPV sekaligus, termasuk di antaranya Granvia dan Regius.

Alphard mengadopsi sasis milik Estima namun dengan dimensi bodi yang lebih besar.

Pada saat itu, terdapat 2 pilihan mesin yakni 2.400 cc 4 silinder dan 3.000 cc V6 dengan konfigurasi bangku 2-2-3 dan 2-3-3. Untuk model, ada tipe G yang berarti Grand dan V yang berarti Victory sebagai flagship.

Selanjutnya pada Juli 2003, Toyota menambahkan model Hybrid Electrified Vehicle (HEV) pada keluarga Alphard setelah Estima. Pada saat itu, Alphard HEV mengandalkan mesin 2.400 cc. Sementara Vellfire, baru hadir kemudian pada tahun 2008 bersamaan dengan generasi kedua Alphard.

Vellfire awalnya diposisikan sebagai pengganti Alphard tipe V, dengan mengusung konsep power (tenaga) dan inovasi yang menyasar level konsumen mapan tapi lebih muda ketimbang pengguna Alphard.

Sedangkan Alphard, lebih menonjolkan kesan elegan dan nyaman dikendarai. Keduanya hadir dengan perbedaan karakter yang kuat dan identitas individual yang kental.

Generasi pertama Vellfire mengadopsi mesin serupa Alphard, yakni 2.400 cc 4 silinder dan 3.500 cc V6 bermodalkan teknologi Dual VVT-i, serta opsi transmisi otomatis 6-speed dan CVT. Vellfire HEV menyusul hadir di tahun 2011.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Konsep desain

Alphard didesain sebagai Luxury MPV dengan nuansa lebih dynamic formal, sedangkan Vellfire menampilkan nuansa cool, modern, dan high-tech. Alphard sangat pas untuk kalangan mapan yang ingin ruang istirahat yang eksklusif di jalan di tengah padatnya kesibukan.

Sementara Vellfire didesain untuk kalangan mapan yang memilih Luxury MPV bergaya sporty dengan karakter agresif dan mewah.

Kosmetik aerokit di bagian depan dan belakang dipadukan dengan side moulding di bagian samping membuat penampilannya berkesan sporty. Alhasil, Vellfire begitu menggoda kaum muda yang sukses membangun usaha serta ingin tampil beda dan merasakan pengalaman unik berkendara.

 

 

3 dari 5 halaman

Eksterior dan Interior

Alphard dan Vellfire mengalami penyegaran tampilan cukup besar di tahun 2018. Lanjut di awal tahun 2020, kedua produk ini memperoleh tambahan fitur Toyota Safety Sense serta sentuhan di sektor fitur hiburan.

Pada dasarnya, Alphard memiliki tampak depan yang begitu dominan dengan gril ekstra besar dan futuristis. Sementara Vellfire, menggunakan gril dengan ornamen bilah horizontal yang kokoh dan agresif.

Selain gril, perbedaan paling kentara adalah di sektor logo mobil yang ada di tengah gril keduanya yang mirip perisai dimana Vellfire menggunakan lambang Toyota, sedangkan Alphard menggunakan logo khusus sesuai arti dari namanya.

Lampu utama Alphard dan Vellfire juga dibedakan. Vellfire punya dua pasang rumah lampu yang diletakkan melintang dengan posisi terpisah atas-bawah, sedangkan Alphard cukup sepasang rumah lampu. Desain bumper depan dan bingkai rumah lampu kabut ikut dibedakan, selaras dengan konsep dasar keduanya.

4 dari 5 halaman

Dimensi

Di samping, keduanya menggunakan pelek serupa dengan desain sporty dan berkelas. Ke belakang, perbedaan tampak jelas dari desain rumah lampu Vellfire yang menyipit dominan bening, sedangkan Alphard lebih moderat. Keberadaan bilah krom besar pada Vellfire menjadi pembeda berikutnya dan senada dengan gaya gril depan.

Yang banyak tidak diketahui orang, meski menggunakan sasis yang sama, ternyata dimensi keduanya sedikit berbeda. Alphard mencatat panjang 4.945 mm, sedangkan Vellfire memiliki panjang 4.935 mm.

Selebihnya sama, lebar keduanya mencapai 1.850 mm, tinggi 1.895 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Dimensi tersebut diciptakan guna memastikan penghuni kabin merasa nyaman sepanjang perjalanan.

Toyota ingin memberi kesan Vellfire sebagai MPV mewah yang memiliki desain dinamis bergaya sporty. Sementara Alphard, dijadikan sebagai kereta kencana para eksekutif dengan wujud formal yang elegan.

Secara struktur tidak ada perbedaan pada kabin Vellfire dan Alphard. Perbedaan bisa dilihat dari aksen ornamen panel kayu. Vellfire menggunakan ornamen interior metal wood dengan dominasi interior dan jok warna hitam.

Sementara Alphard memakai ornamen interior metal brown wood pada tipe G dan X, serta jok berkelir beige cerah. Pada Alphard 3.5 Q sebagai flagship dilengkapi brown olive ash brull woodgrain dan kelir jok hitam.

5 dari 5 halaman

Mesin

Di Indonesia, Vellfire memiliki 1 opsi mesin berkode 2AR-FE dengan volume 2.494 cc 4 silinder Dual VVT-i yang digunakan pada tipe 2.5 G. Tenaga yang dihasilkan mencapai 180 PS pada 6.000 rpm dan torsi 23,9 kgm pada 4.100 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT. Mesin serupa juga dipakai oleh Alphard tipe 2.5 X dan 2.5 G.

Sementara Alphard di Indonesia dilengkapi 2 opsi mesin lainnya. Yang pertama adalah dapur pacu HEV berkode 2AR-FXE berkapasitas 2.494 cc 4 silinder Dual VVT-i.

Unit ini memiliki dua pasang motor listrik di roda depan dan belakang berlabel Electric – 4WD (E-Four). Prinsip kerjanya seperti gerak 4 roda dan sangat bermanfaat ketika mobil baru melaju atau butuh tambahan daya. Distribusi daya diatur sedemikian rupa agar dapat mendorong MPV bongsor ini dengan daya paling efisien.

Mesin lain dipakai di model termewah 3.5 Q yakni unit berkode 2GR-FKS mengandalkan mesin 3.456 cc V6 Dual VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 300 PS pada 6.200 rpm dam torsi 36,8 kgm pada 4.700 rpm. Tenaga disalurkan sepenuhnya ke roda depan via transmisi otomatis 8-speed.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.