Sukses

Menguak Perbedaan Logo Honda Motor dan Mobil

 

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dan sepeda motor Honda memiliki logo yang berbeda. Padahal kedua jenis kendaraan ini diprakarsai oleh orang yang sama, yakni Soichiro Honda.

Untuk mengetahui lebih detail terkait alasan perbedaan logo mobil Honda dan motor, berikut ini ulasan lengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber. 

Kenapa Logo Honda Mobil dan Motor Berbeda?

Awalnya Honda adalah brand sepeda motor yang didirikan pada 1948 oleh Soichiro Honda di Hamamatsu Jepang. Karena Soichiro bermimpi suatu saat produknya sukses dan berhasil di pasaran, lantas ia memilih lambang sayap yang terinspirasi dari Dewi Nike (Nenikhamen) yang mempunyai sayap besar di punggungnya. Sebagai informasi, Dewi Nike merupakan dewi kemenangan dan keberhasilan dalam mitologi Yunani Kuno.

 

Kemudian ranah produksi pun berkembang dengan menciptakan mobil. Pertama Honda memproduksi pikap mungil T360 pada 1963. Menariknya, logo mobil Honda berbeda jauh dengan sepeda motor. Lantas kenapa logo Honda mobil dan motor berbeda?

Logo mobil H, merupakan logo mobil Honda yang dipilih. Namun, awalnya huruf 'H' tidak didesain seperti sekarang. Jika dilihat malah seperti dua sayap yang sedang mengepak. Sebab mempunyai desain besar dan melebar, terutama di bagian atas. Logo mobil Honda ini bisa ditemui di pikap T360.

Alasan perbedaannya pun cukup simpel. Lantaran jika nantinya divisi produksi mobil yang dibentuk gagal, maka nantinya tidak akan berimbas ke sepeda motor. Sebab kendaraan roda dua Honda di masa awal produksi mobil Honda sedang naik daun.

Pemilihan huruf 'H' pun ternyata juga simpel lho Otolovers. Sengaja dipilih sebab ingin terlihat bergaya seperti mobil Amerika. Karena kendaraan-kendaraan di sana sering pakai logo dengan memakai huruf saja.

 

2 dari 3 halaman

Arti Logo Mobil Honda

Logo mobil 'H' tentunya bukan tanpa filosofi. Di baliknya menyimpan makna dari motto Honda 'The Power of Dreams'.

Hal itu juga sangat tercermin dari desain 'H'. Jika dilihat sekilas, desainnya mirip dengan dua sayap yang sedang mengepak. Maksudnya adalah Honda ingin produknya selalu berkembang.

Selain itu, 'H' tersebut juga mirip dengan orang yang sedang mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi. Maknanya sendiri adalah optimis mengahadapi dunia dan mengapai mimpi-mimpinya.

Logo RS Mobil Honda

Di beberapa produk ada juga yang disematkan logo mobil Honda RS. Ternyata ini bukanlah emblem biasa. Sebab logo mobil Honda keren ini merupakan kependekan dari Road Sailing yang merupakan varian sport atau setingkat lebih tinggi dari varian standar.

Sehingga mobil dengan emblem RS memang memiliki karakter sport. Pabrikan telah memodifikasi di sektor tampilan meliputi bodi kit dan pelek.

Logo mobil Honda warna merah ini sudah ada sejak 2006 lalu. Di Indonesia sendiri, RS pertama kali digunakan pada generasi kedua Jazz pada 2008 silam. Kemudian Mobilio 2014, Brio 2016, dan juga Civic Hatchback pada 2020.

 

3 dari 3 halaman

Harga Logo Mobil Honda

Logo mobil Honda saat ini memang sedang dicari. Sebab hal itu bisa makin memercantik tampilan mobil kesayangan. Beberapa di antaranya yang lagi laris adalah logo mobil Honda Brio dan logo mobil Honda Jazz.

Tentunya harga logo mobil Honda Brio dan harga logo mobil Honda Jazz bervariasi. Kurang lebih banderolnya di kisaran Rp50 ribu hingga ratusan ribu. 

Sumber: Otosia.com