Sukses

Ini Rekor Terbaru yang Dicetak Honda Civic Type R Limited Edition

Memecahkan rekor di berbagai sirkuit dunia telah menjadi tradisi bagi Honda. Terbaru, pabrikan berlambang huruf 'H' itu menorehkan hasil positif di Sirkuit Suzuka, Jepang, menggunakan Civic Type R Limited Edition.

Liputan6.com, Jakarta - Memecahkan rekor di berbagai sirkuit dunia telah menjadi tradisi bagi Honda. Terbaru, pabrikan berlambang huruf 'H' itu menorehkan hasil positif di Sirkuit Suzuka, Jepang, menggunakan Civic Type R Limited Edition.

Iterasi paling ekstrem dari mobil kencang itu mencatat tempo putaran 2: 23,993. Angka tertera memperkuat statusnya sebagai tolok ukur penggerak roda depan segmen hot hatch beringas. Mengesankan?

Civic Type R Limited Edition menggapai rekor pada Februari 2020 pakai model teranyar. Kendaraan diuji, menampilkan spesifikasi teknis yang sama dengan versi produksi. Tanpa ada modifikasi atau peningkatan kinerja enjin.

Tapi ia dilengkapi dengan suspensi serta peningkatan sistem kemudi. Plus dua buah floating disc brake. Versi edisi terbatas memiliki bobot 47 kg (103,6 lbs) lebih ringan dari unit eksis Civic Type R GT. Bisa enteng lantaran sejumlah komponen kecil dan interior dilucuti di belakang.

Ia melibas berbagai sudut tajam trek Suzuka di atas roda alloy ringan 20 inci garapan BBS. Pelek forged itu dibalut ban bergrip tinggi Michelin Pilot Sport Cup 2.

Walau tanpa ubahan mekanikal pacu. Namun kendaraan dilengkapi oleh peredam modifikasi, yang mengoptimalkan presisi bekendara. Termasuk perangkat kemudi dikalibrasi ulang demi peningkatan kontrol dan umpan balik atau respons maksimum.

Kemudian tersisip pembaruan perangkat lunak sebagai kontrol Sistem Adaptive Damper. Dikatakan bertujuan mengevaluasi kondisi jalan lebih cepat. Selanjutnya menghasilkan reaksi peredam kian maksimal, untuk menyuguh kualitas pengendaraan.

EnjinTenaga berembus 320 PS (310 HP) pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm (295 lb-ft) dari 2.500 rpm hingga 4.500 rpm. Unit pemompa daya berupa mesin bensin 2,0 liter VTEC Turbo dari Civic Type R standar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suzuki Jadi Lokasi Pengujian Paling Penting

Namun ada upaya menambah kinerja pendinginan enjin. Ia dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan. Memungkinkan Civic Type R Limited Edition mengilat dari 0 hingga 100 km/jam (62 mph) dalam 5,7 detik.

Alasan menantang Sirkuit Suzuka lantaran lintasan sepanjang 5,8 km (3,6 mil) ini terkenal dengan tempat untuk uji pacu berkecepatan tinggi.

Sudut-sudut (apex) menantang, kalau digabung seolah membentuk angka delapan yang mencakup lintasan lurus sejauh 1,2 km (0,74 mil).

Suzuka telah menjadi lokasi pengujian penting dalam mengembangkan performa kendaraan dan mesin Honda sejak 1962.

Untuk diketahui, Honda berencana membangun 600 model edisi terbatas bagi pasar Amerika Serikat, sementara hanya 100 di Eropa.

 

3 dari 3 halaman

Motorsport

Usai tampil publik pada Februari di JAS Motorsport Milan. Civic Type R Limited Edition masuk jajaran keluarga versi ekstrim dari hatchback ikonik yang dibuat hingga saat ini.

Dikabarkan pula ia bakal muncul pada ajang Münnich Motorsport. Di sisi lain, mobil ini juga menjadi Safety Car resmi pada gelaran World Touring Car Cup (WTCR) 2020.

Kompetisi terdiri dari enam putaran, berlangsung di Eropa. Dan dimulai di Salzburgring, Austria pada 12 - 13 September 2020.

"Honda memiliki sejarah penting dalam kompetisi FIA World Touring Car. Kami memiliki komitmen jangka panjang dalam kategori ini. Sehingga kami senang menyambut Honda sebagai mitra baru menjadi Safety Car resmi dari FIA World Touring Car Cup dengan Civic Type R Limited Edition. Kendaraan sangat cocok dengan filosofi WTCR. Sebagai Safety Car resmi ia memiliki peringkat keamanan yang sangat baik, sporty, kualitas dinamis, serta keterjangkauannya," ungkap François Ribeiro, Head of Eurosport Events, promotor WTCR.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini