Sukses

Jeep Compass Terbaru Kini Bermesin Turbo

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti tuntutan pasar global yang semakin concern terhadap isu lingkungan, Jeep Compass kini mendapat unit mesin terkecil. Diadopsi dari Fiat 500X, Compass kini tersedia dalam pilihan mesin 1.3 liter turbo.

Mesin baru ini ditempatkan sebagai pengganti varian mesin 1.4 liter yang dimiliki grup Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Walau punya kubikasi lebih kecil, jantung mekanik Jeep Compass anyar mendapatkan pasokan tambahan berupa perangkat turbo.

Bekalan itu diklaim sanggup mengail daya 129 Hp lewat transmisi 6-percepatan. Tak hanya tipe manual, Compass 1.3 L turbo juga tersedia dalam pilihan otomatis. Dengan trasmisi dual clutch 6-speed, varian ini punya torehan sebesar 150 Hp.

Menariknya, kedua varian memiliki torsi lebih tinggi 40 Nm daripada mesin 1.4 liter lawas. Sayangnya, kedua varian di atas tadi hanya ditawarkan dalam sistem penggerak roda depan (FWD). Sebelumnya Jeep menyediakan juga penggerak 4×4 dengan transmisi otomatis untuk Compass.

Khusus untuk Compass bertransmisi dual-clutch, mendapat fitur Sport pada mode berkendaranya.

Saat fitur diaktifkan, pengemudi bakal merasakan peningkatan karakter, serta lebih responsif pada putaran bawah. Setir juga menjadi lebih berat demi meningkatkan akurasi input pengemudi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Compass 4Xe

Selain kedua tipe di atas, Jeep menawarkan juga varian Compass 4Xe. Mesin masih sama, hanya saja tipe ini ketambahan powertrain plug-in hybrid.

Dengan motor listrik di roda belakang, Compass 4Xe menjadi model all-wheel drive. Varian Compass PHEV memiliki pilihan tenaga 189 Hp dan 240 Hp.

Tidak ketinggalan, Jeep masih menawarkan varian mesin diesel untuk Compass versi 2020. Mesin berkubikasi 1.6 liter itu kini dapat pengurangan katalitik selektif demi menekan emisi partikulat. Manuverabilitas ditingkatkan lewat setelan ulang steering rack dan suspensi yang lebih rigid.

Selain pembaruan dari sisi teknis, Compass masih mendapatkan penyegaran pula untuk penampilannya. Sentuhan pembaaruan tampilan cenderung minimalis.

Seperti lima opsi warna eksterior, serta atap dengan kombinasi warna hitam. Tidak ketinggalan enam opsi desain untuk velg.

 

3 dari 3 halaman

Teknologi

Soal teknologi, Compass kini sudah dilengkapi oleh layanan Uconnect dari Jeep, untuk semua range varian. Fitur ini memungkinkan koneksi aplikasi mobile dari smartphone dan smartwatch, untuk sejumlah fungsi infotainment online.

Khusus untuk Compass 4Xe alias varian hybrid, Jeep melengkapinya dengan fitur pre-conditioning untuk kabin. Jadi sebelum melakukan perjalanan, AC bisa dinyalakan lebih dulu tanpa perlu menyentuh dan menyalakan mesin mobil.

Tidak disebutkan berapa banderol dari Jeep Compass versi update 2020 ini, begitu juga kapan mulai tersedia di dealer resmi.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini