Sukses

Penampakan Utuh MPV Paling Anyar dari Wuling

Liputan6.com, Jakarta - SAIC-GM-Wuling secara terang-terangan menampilkan wajah utuh MPV terbaru mereka, Victory. Secara tampilan, Victory nampak elegan dan lebih ganteng dari Cortez. 

Saat dipandang, bentuk sketsa dengan wajah asli (model produksi) tampak identik. Tidak seperti kendaraan lain yang kadang harus berubah bentuk. Mengusung lencana anyar, nama itu mengacu pada hasrat perusahaan untuk merengkuh kemenangan, berkualitas global. Walau belum mendebut, kendaraan keluarga ini diharap segera dijual pada kuartal tiga tahun ini.

Gambar yang dirilis Wuling memiliki kelir biru langit. Dari segi visual luar, ia mengadopsi desain bentuk relatif halus. Proporsi pandang amat terkoordinasi. Ia memiliki karakter lain dari lini produk maupun Baojun, sebagai saudaranya. Lihatlah, roman depan mobil baru punya grille berbentuk perisai. Agar terlihat padat, di dalamnya mirip sarang lebah.

Logo global lima berlian warna perak terlihat mendominasi. Mirip kepakan sayap lebar burung elang. Tepat di bawahnya empat sorot depan LED bersemayam. Terbelah diatur dalam sebuah matriks beserta day running light (DRL) Dari belakang, desain lampu ekor mirip senanda dengan depan. Amat sipit dan memanjang.

Dilihat dari foto itu, mobil tidak menggunakan pintu geser, tetapi model sisi tradisional. Kemudian kala dipandang di samping bodi mobil. Alis roda (fender) menonjol di bagian depan dan belakang mobil. Berpadu apik bersama garis pinggang yang mengalir tajam. Tampak memberi siluet efek cahaya dan postur cemerlang.

Saat yang sama, ia menggunakan desain pilar B/C/D tersembunyi. Jadilah mencuat efek atap mengambang stylish nan indah. Urusan penopang bodi dan pemanis tampilan. Wuling Victory menggunakan pelek lima spoke ganda amat dinamis. Tentu bentuk itu semua membuat perpedaan dari katakanlah Almaz, Cortez bahkan kendaraan lansiran Baojun.

Wuling sengaja menggoda khalayak global untuk terus menanti kedatangannya. Belum ada bocoran interior dan enjin yang digunakan. Tapi sekadar pembanding saja dari Cortez. Di sini ia datang dengan segudang kelengkapan.

Di balik kap mobil, tertancap opsi mekanikal 1,5 liter turbo empat silinder inline DOHC. Daya terlontar 141 PS, torsi puncak mencapai 250 Nm. Unit berpadu girboks CVT plus mode berkendara Eco dan Sport.

Untuk perangkat penunjang keselamatan berkendara. Wuling melengkapi Cortez CT dengan front and side airbag, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Hold Control (HHC).

Tersedia pula Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, Automatic Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB). Lalu sebagai sistem deselerasi, unit diberi ABS, EBD, Brake Assist. Victory bisa lebih dari ini.

 

2 dari 2 halaman

Prediksi Teknologi

Agar menambah nilai produk, sofistikasi teknologi mesti tersedia di Victory. Bisa mengadopsi dari milik Baojun. Misal konsumen dapat mengunci, membuka kunci dan menyalakan kendaraan dari jarak jauh.

Hanya butuh sentuhan dari smartphone Anda. Status real time, termasuk lokasi kendaraan, dapat dilihat menggunakan aplikasi.

Untuk mengurangi kelelahan berkendara, tersedia 16 skenario mengemudi. Sistem cruise control adaptif canggih pada RM dan RC series dapat dicomot pula. Ini dapat diaktifkan hingga kecepatan 130 km/jam.

Rahasianya ada pada kombinasi radar gelombang 77-GHz jarak jauh dan high-definition camera. Berkat peranti itu, sistem mampun mengidentifikasi manusia, mobil dan jalanan yang lebih presisi.

Fitur keselamatan seyogianya lengkap. Amsal tersedia Traffic Jam Assist, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Intelligent Cruise Assist, Blind-Spot Assist-Avoidance Assist, Traffic Sign Warning dan Traffic Speed Assist.

Bagaimana dengan MPV Victory? Sebagai produk benchmark internasional, selayaknya ia mendapat perangkat setara. Syukur kalau lebih di berbagai aspek.

Sumber: Oto.com