Sukses

6 Cara Jitu Merawat Gear dan Rantai Motor Biar Awet

Liputan6.com, Jakarta - Bagi motor bebek atau sport, rantai menjadi salah satu komponen yang cukup penting. Pasalnya, bagian ini berfungsi sebagai alat untuk menyelaraskan perputaran dan juga penggerak ban karena sebagai penyalur tenaga dari mesin ke ban atau roda.

Seperti komponen lainnya, kemampuan rantai motor juga bisa berkurang seiring dengan pemakaiannya sehari-hari. Dengan begitu, perlu juga dirawat agar rantai motor awet dan tidak cepat mengalami masalah.

Berikut, 6 cara merawat gear dan rantai motor seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Memberi Pelumas

Cara merawat gear dan rantai motor agar awet yang pertama adalah dengan menggunakan pelumas. Cara yang satu ini memang terbukti sangat efektif, dan juga tidak membutuhkan banyak waktu jika dilakukan, hanya dengan menyemprotkan langsung ke permukaan gear set dan rantai kita sudah bisa menjaga performa gear motor tersebut.

Menggunakan pelumas terhadap gear dan rantai juga bisa membuat kondisi gear menjadi tetap basah. Jika rantai dan gear kering serta tercemar kotoran maka potensi kerusakan akan semakin besar.

2) Rutin Dibersihkan

Rantai motor bersihkan paling tidak minimal sebulan sekali, menggunakan air dan juga sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel pada gear motor tersebut. Setelah dibersihkan, sebaiknya lumasi kembali gear tersebut agar tidak rusak dan tetap aman.

2 dari 6 halaman

3) Perhatikan Posisi Gear Motor

Cara merawat gear dan rantai motor agar awet berikutnya adalah dengan selalu memperhatikan posisi dari gear motor. Sebaiknya, selalu setel gear di posisi tengah, hal ini bertujuan agar saat berkendara menjadi lebih nyaman.

 

3 dari 6 halaman

4) Ganti Gear Secara Berkala

Cara selanjutnya untuk merawat gear dan rantai motor adalah dengan ganti gear secara berkala. Cara untuk mengetahui apakah gear sudah mengalami aus, adalah dengan memperhatikan suara dari gear tersebut

Selain itu, ciri fisik gear motor harus diganti adalah rantai motor menjadi lebih mudah lepas, mungkin bisa dipasang kembali namun tentu saja sebentar lagi pasti akan lepas lagi.

Biasanya gear yang mengalami aus akan menghasilkan suara yang kasar, bisa juga dengan melihat rantai sepeda motor sudah mengendur atau kedudukan garis pada lengan ayun sudah di paling ujung.

4 dari 6 halaman

5) Mencuci Gear Saat Kehujanan

Pada saat motor kehujanan atau bahkan kebanjiran, setelah tiba di rumah sebaiknya segera untuk melakukan penyemprotan gear dengan air yang bersih. Hal ini adalah cara paling sederhana dan juga mudah untuk dilakukan.

Namun jika memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencuci gear dengan air sabun agar lebih bersih, setelah kering kembali kasih pelumas ke gear, agar tidak menimbulkan karat pada gear akibat kotoran yang terbawa air hujan maupun banjir.

 

5 dari 6 halaman

6) Hindari Menggunakan Oli Bekas

Terkadang kita sering memakai oli bekas guna melumasi rantai motor dan juga gear motor. Hal ini adalah salah satu contoh yang salah, namun sering kali masih dilakukan banyak orang.

Jelas-jelas gear dan rantai motor memiliki pelumas khusus, dan jika oli bekas yang dipakai pada rantai dan gear motor malah bisa menimbulkan kerusakan sehingga bisa membuat rantai motor menjadi tidak awet.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: