Sukses

Cara Mudah Bersihkan Rantai Motor di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki fungsi untuk meneruskan tenaga yang disalurkan dari mesin melalui transmisi ke roda belakang, rantai menjadi salah satu komponen yang perlu mendapat perawatan rutin.

Jika malas dirawat, rantai motor akan cepat kering dan kendur. Selai itu, suara berisik dan mengganggu akan timbul secara tiba-tiba. Rantai motor yang kendur juga mengurangi tarikan (akselerasi) motor.

Seperti dilansir Federal Oil, rantai motor harus dirawat dengan cara yang benar. Ada beberapa tahapan dalam membersihkan dan melumasi rantai motor, berikut ulasannya.

Hal pertama yang harus dilakukan saat hendak membersihkan rantai motor ialah mengetahui jenis rantai yang terpasang. Rantai motor sendiri dibagi menjadi 2 jenis, rantai biasa dan rantai jenis o-ring.

 

2 dari 4 halaman

Beda Cara Membersihkan

Untuk rantai biasa, proses pembersihannya lebih mudah karena jenis ini terdiri dari logam-logam yang saling terhubung.

Sementara untuk rantai jenis o-ring, pembersihan harus lebih berhati-hati karena jenis ini menggunakan material karet untuk menghubungkan antar mata rantai.

Langkah kedua yang harus dilakukan ialah memposisikan motor secara tegak menggunakan standar tengah. Jika motor tidak dibekali standar tengah, bisa menggunakan paddock.

3 dari 4 halaman

Cek Mata Rantai

Setelah itu, cek rantai motor dan sprocket gear. Beberapa detail yang perlu diperiksa ialah tingkat keausan mata rantai.

Cara mudah mengeceknya ialah dengan menggoyangkan rantai ke kanan-kiri dan menariknya ke belakang. Jika rantai sangat kendur, artinya sudah mulai aus.

Selain rantai, yang perlu diperiksa adalah sprocket gear. Bila komponen ini aus bisa terlihat dari ciri-ciri mata gir yang mulai menajam. Jika ingin mengganti, disarankan mengganti rantai dan gir sekaligus.

 

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: