Sukses

Dihajar Corona, Penjualan Retail Mobil Honda di Indonesia Hancur Lebur

Penjualan ritel PT Honda Prospect Motor (HPM) yang turun drastis hingga 82 persen, menjadi 1.855 unit pada April tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia sangat dirasakan oleh industri otomotif. Salah satu yang terkena imbasnya adalah penjualan ritel PT Honda Prospect Motor (HPM) yang turun drastis hingga 82 persen, menjadi 1.855 unit pada April tahun ini, dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan total penjualan pabrikan berlambang huruf H ini, selama Januari sampai April 2020 mencapai 37.033 unit. Jumlah tersebut, lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 50.457 unit.

Dijelaskan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, turunnya penjualan karena ekonomi nasional yang juga anjlok serta banyaknya daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Daerah yang menerapkan PSBB setara 70 persen pasar otomotif nasional. Pada April tahun lalu, penjualan ritel HPM lebih dari 10 ribu unit, sedangkan tahun ini hanya 1.855 unit," papar Yusak Billy saat teleconference bersama media beberapa waktu lalu.

Lanjut Yusak, penjualan Honda masih ditopang mobil murah ramah lingkungan (LCGC), Brio Satya yang berkontribusi lebih dari 50 persen. Selain itu, penjualan Honda pada bulan lalu, dihasilkan dari media digital atau online Honda. Volumenya sekitar 20 persen, padahal waktu normal, penjualan online hanya menyumbang sekitar 3 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sumber Penjualan

Sekitar 70 persen penjualan Honda di masa pandemi ini masih berasal dari repeat order terutama dari loyalis merek Honda. Metodenya dari para tenaga penjualan yang menghubungi konsumennya.

Sedangkan penjualan secara offline masih terjadi, tapi kecil hanya 10 persen. Penjualan offline ini masih terjadi terutama di daerah-daerah yang belum menerapkan PSBB, sehingga dealer dan konsumen masih bisa berinteraksi secara fisik.

 

3 dari 4 halaman

Hanya di Papua, Honda Brio Dipakai untuk Jualan Sayur

Berada di segmen citycar, Honda Brio berhasil menjadi tulang punggung penjualan Honda saat ini. Tak hanya itu, mobil pabrikan otomotif Jepang itu juga berhasil diekspor ke beberapa negara di Asia.

Namun hal berbeda terlihat dari Twitter @jayapuraupdate. Dari unggahan yang dibagikan terlihat dua buah foto Honda Brio digunakan untuk berjualan sayur.

Dengan kaca dan pintu bagian belakang terbuka, terlihat jelas beragam sayur tengah dijual oleh pedagang. Terdapat pula beberapa orang wanita yang sedang berbelanja.

"Papua Keras sayang.. Fortuner,ford ranger n Hilux bisa jadi taxi.. Honda Brio buat jual sayur... Apa ko.. apa ko..," tulis akun tersebut.

Menarik perhatian warganet, tweet tersebut telah mendapat 485 likes dan 408 retweet. Tak hanya itu, beragam komentar juga diberikan warganet.   

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.