Sukses

Giliran Wuling Indonesia Tutup Pabrik Gara-Gara Pandemi Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai pabrikan otomotif telah memutuskan untuk menghentikan sementara fasilitas perakitannya, karena pandemi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Setelah PT Honda Prospect Motor (HPM), PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), kini giliran Wuling Motors yang harus menghentikan produksinya untuk sementara waktu.

Dijelaskan Brian Gomgom, Media Relation Wuling Motors, pihaknya harus menutup pabriknya yang berada di Cikarang, Jawa Barat, selama dua pekan, terhitung mulai 6 hingga 19 April 2020.

"Penutupan pabrik ini, sejalan dengan anjuran pemerintah untuk menerapkan physical distancing dan tetap tinggal di rumah," jelas pria yang akrab disapa Gomgom saat dihubungi Liputan6.com, melalui pesan elektroniknya, Selasa (7/4/2020).

Lanjut Gomgom, penghentian sementara aktivitas pabrik ini sebagai upaya jenama asal Cina ini untuk pencegahan, dan mengurangi penyebaran Corona Covid-19 ini di Indonesia.

"Selain itu, kesehatan karyawan merupakan prioritas kami saat ini. Pemberhentian aktivitas pabrik sementara ini, juga tidak berpengaruh pada gaji karyawan," pungkasnya.

Sebelumnya, PT HPM juga telah mengumumkan secara resmi untuk menghentikan produksinya selama dua pekan, mulai 13 April mendatang.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pabrikan Lain

"Berdasarkan kondisi dan peritimbangan terkini, kami telah memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan produksi kami selama 14 hari mas, mulai tanggal 13 April 2020," kata Business Innovation and Marketing and Sales Director HPM Yusak Billy kepada Liputan6.com.

Menyusul PT SIM, yang juga menghentikan produksinya mulai mulai dari 13 April 2020 sampai 24 April 2020, di ketiga lokasi pabrik Suzuki, yaitu di Cakung, Tambun, dan Cikarang. Dan PT YIMM, mulai menghentikan produksinya mulai 3 sampai 19 April 2020.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: