Sukses

3 Tips Mudah Menjaga Cat Airbrush pada Mobil Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dicat ulang menggunakan teknik airbrush membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika cat airbrush tidak dirawat dengan tepat, bisa membuat kendaraan kesayangan terlihat cepat pudar. 

Setelah melalui proses airbrush, Anda sebagai pemilik kendaraan tentu memiliki kewajiban untuk menguasai teknik dasar merawat cat airbrush. Tomi Gunawan selaku Tomi Airbrush akan berbagi tips seputar perawatan cat airbrush.

“ Ada beberapa hal juga yang harus dilakukan setelah kendaraan melalui proses airbrush, ” tutur Tomi Gunawan kepada Liputan6.com

Menurut Tomi, setidaknya adal 3 hal penting yang perlu dilakukan agar cat pada mobil tetap kinclong. Berikut tipsnya:

1. Hindari mobil dari paparan sinar matahari. Usahakan parkir di indoor. Jika terpaksa parkir outdoor, gunakan sarung khusus untuk mobil

2. Jangan parkir di bawah pohon. Pohon memiliki getah yang berjatuhan dan membuat permukaan mobil menjadi . Selain itu, kotoran burung yang mengenai mobil pun dapat merusak.

3. Jangan parkir di bawah unit outdoor AC, karena air AC suka menetes dan mengenai mesin atau bumper mobil. Cairan tersebut dapat menyebabkan flek-flek putih pada mobil dan membuat cat airbrush terlihat kusam.

Penulis: Gilang Seftian

2 dari 2 halaman

Percantik Motor, Pilih Cat atau Stiker?

Mempercantik sepeda motor bisa dilakukan dengan beragam cara. Khusus bodi, ada pilihan seperti cat (airbrush) atau stiker potong.

Biayanya pun bermacam-macam. Tergantung dari jenis modifikasinya. Umumnya yang penggunannya lebih mudah, maka harganya lebih murah. Waktu pengubahannya juga relatif cepat.

Stiker

Penggunaan stiker umumnya lebih cepat. Pertama-tama yang dilakukan adalah memotong stiker sesuai dengan kontur bodi yang akan diaplikasikan, kemudian baru dipasang dengan bantuan hair dryer.

Abdul Mukri, pemilik toko modifikasi Laris Motor, mengatakan bahwa satu kelebihan stiker yang membuatnya banyak dipilih adalah lebih murah. "Selain itu juga lebih cepat," ujarnya, beberapa hari yang lalu.

Kelebihan lainnya adalah lebih tahan lama serta warna yang tidak mudah memudar. "Sehingga kalau misalnya sudah bosan, tinggal dilepas saja. Harganya antara ratusan ribu hingga tiga jutaan rupiah kalau pasang full bodi," tambah Abdul.

Cat

Umumnya cat bisa diterapkan bahkan hingga bagian terkecil kendaraan. Selain itu, variannya juga lebih banyak. Ada yang satu warna, gambar realis, hingga gradasi yang bisa dipilih sesukanya. Bedanya lagi, penerapannya lebih sulit.

Tetapi, perawatan cat lebih mudah. Sebagaimana motor pada umumnya, kalau kotor maka bodi tinggal dibersihkan dengan air. Tidak ada potensi cat menggelembung seperti menggunakan stiker.   

Loading
Artikel Selanjutnya
Jakarta Banjir Lagi, Jangan Nekat Terabas Genangan Air yang Tinggi
Artikel Selanjutnya
4 Tips Hadapi Bos atau Rekan Kerja Menyebalkan