Sukses

Suzuki Resmi Luncurkan Ignis Facelift, Kini Bermesin Hybrid

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki resmi melepas versi penyegaran dari citycar andalannya, Ignis di Jepang. Model ini, mendapatkan berbagai penyegaran, baik dari segi eksterior, interior, bahkan mesin.

Melansir laman resmi Suzuki Jepang, Ignis facelift ini mendapatkan ubahan dari segi eksterior. Namun, paling mencolok memang di varian paling tinggi, yaitu hybrid MF dengan grille, bumper, rumah foglamp, dan roof rail.

Sedangkan untuk tiga tipe bawahnya, MZ, MX, dan MG hanya mengalami ubahan yang minior di grille.

Masuk ke kabin, ubahan paling mencolok memang di Suzuki Ignis Hybrid MZ yang tampil lebih mewah, dengan penggunaan jok kulit, desain setir baru, dan instrumen panel baru. Sedangkan tiga varian bawahnya, tidak berubah.

Berbicara jantung penggerak, empat tipe Ignis baru ini sama-sama menggendong mesin hybrid, dengan sistem mild-hybrid yang dikawinkan dengan mesin lamanya. Artinya, mobil ini dipersenjatai mesin 4-silinder inline 1.200 cc bertenaga 89 Tk dengan torsi 118 Nm yang dipadukan dengan baterai lithium ion berkapasitas kecil.  Jantung penggerak ini hanya tersedia dalam pilihan transmisi CVT.

Suzuki Ignis Hybrid tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD dengan harga mulai JPY1,52 jutaan atau Rp189 jutaan di tipe terendahnya. Sedangkan varian tertingginya dibanderol JPY1,97 jutaan, setara Rp245 jutaan (Kurs JPY1 = Rp124).

Kabarnya, Suzuki Ignis facelift juga akan dirilis India pada Februari 2020 ini. Lalu, kapan di Indonesia?

2 dari 2 halaman

Suzuki Futuro-e, Crossover Listrik yang Siap Mengaspal Akhir 2020

Maruti Suzuki telah memamerkan konsep crossover listrik barunya, Suzuki Futuro-e. Mobil ini, rencananya bakal diperkenalkan di India pada gelaran Auto Expo 2020, bulan depan.

Melansir Paultan, Minggu (26/2/2020), konsep Suzuki Futuro-e ini bakal menggunakan bahasa desain global baru.

"Desain Suzuki Futuro-e adalah perpaduan yang menarik dari sebuah coupe dengan SUV. Ini adalah keberangkatan yang signifikan dari arsitektur SUV arus utama, dan diharapkan untuk meningkatkan desain kendaraan utilitas di Indonesia," ujar CV Raman, Direktur Eksekutif Senior (Teknik) Maruti Suzuki India.

Sebelum diperkenalkan secara resmi, Maruti Suzuki telah mengeluarkan bocoran gambar Futuro-e. Salah satu yang terlihat adalah desain garis atap miring yang rendah, serta lampu LED. Dengan desain tersebut, mobil ini akan berada di segmen-B, bersaing dengan Tata Nexon EV.

Saat ini, spesifikasi teknis terkait mobil ini masih dirahasiakan, dan kabarnya, versi produksi model ini akan diluncurkan di India jelang akhir 2020, dan versi Toyota kemungkinan menyusul pada 2021.