Sukses

Curhatan Para Pemilik Honda CR-V dari Tiap Generasi

Liputan6.com, Bandung - Honda CR-V genap berusia 20 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 di Indonesia. Terhitung lima generasi Honda CR-V telah dijual di Indonesia. 

Setiap generasi Honda CR-V memiliki keistimewaan sendiri bagi pecintanya. Dalam acara CR-V 20 Years of Great Adventure, para pecinta SUV asal Jepang ini touring bersama dari Jakarta ke Situ Patenggang. Semua generasi CR-V pun hadir di sini, dan para pemiliknya berbagi pengalaman uniknya masing-masing.

Honda CR-V generasi pertama diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2000, sebagai sebuah SUV “Cross Country”.  Saat itu, CR-V dibekali dengan satu varian mesin yaitu mesin 2,0L dengan percepatan AT dan manual. Yudi Badil selaku pemilik pertama ini menjelaskan satu poin unik, yaitu sektor kaki-kaki.

Honda CR-V generasi pertama ini yang berjenis jip mengadopsi kaki-kaki dari sedan,” ujar Yudi Badil.

           

2 dari 5 halaman

Honda CR-V Generasi Kedua

Honda CR-V generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2002 mulai mengusung desain crossover yang lebih stylish dan peningkatan dari sisi performa dan utilitas. Menurut Edi Purnomo sang pemilik generasi 2, ruang interior lebih luas dibanding generasi kedua.

“Secara kesan kesan sih sebetulnya hampir sama dengan generasi 1. Cuma untuk generasi 2 ruangnya lebih luas sehingga kalo kita bawa keluarga itu lebih leluasa, kalo tingkat kenyamanan itu sama dengan generasi 1 tapi ada perubahan-perubahan sedikit, yang pasti lebih nyaman. Mesin, transmisi maupun kaki-kaki yang saya rasakan selama ini tidak terlalu merepotkan,” ungkap Edi.

           

3 dari 5 halaman

Honda CR-V Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2007, Honda CR-V tampil pertama kalinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang merupakan pertama di kelasnya. Selain itu, untuk pertama kalinya juga Honda CR-V dijual dalam pilihan mesin 2,4 liter.

Selain itu, bagi Indra Sukmawijaya selaku pemilik generasi 3, perbedaan terbesar terlihat dari desain eksterior dan interior. “Saya memilih generasi 3 karena dari generasi 1-2 itu bentuknya relatif kotak, jadi pada saat generasi 3 keluar itu agak unik, dari bentuknya sudah lebih modis kemudian performance sudah diperbaiki dengan mesin yang sedikit berbeda. Di generasi ini ditemukan kombinasi yang bagus antara model, suspensi, dan performance,” ungkap Indra.

           

4 dari 5 halaman

Honda CR-V Generasi Keempat

Menurut Remond Halim selaku pemilik CR-V generasi keempat, pada CR-V miliknya terdapat banyak fitur-fitur canggih. “ Saya pake generasi 4 karena emang satu kebutuhan saya, lalu karena dipercanggih di bagian interior itu ada teknologi nano. Lalu sudah dilengkapi sunroof, power back door, dan penambahan-penambahan dari generasi 3 lah,” ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Honda CR-V Generasi Kelima

Generasi kelima Honda CR-V diperkenalkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. All new Honda CR-V untuk pertama kalinya juga memperkenalkan mesin 1,5 liter VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology.

“Kenapa saya memilih generasi ke-5. Saya punya pengalaman, saya dulu pakai generasi ke-4 selama 6 tahun, generasi ke-5 ini interiornya bagus ada sunroof dan moonroof, suspensinya nyaman, mesinnya turbo, teknologinya benar-benar menghemat bensin dan tenaga lebih besar, 7 penumpang. Jadi tidak kecewa pakai generasi ke-5 Honda CR-V," kata Johannes Turangan selaku pemilik CR-V generasi kelima.

Penulis : Gilang Seftian

Loading
Artikel Selanjutnya
Valentino Rossi Khawatir Top Speed Yamaha Masih Kalah dari Ducati dan Honda
Artikel Selanjutnya
Harganya Mirip-Mirip, Pilih Honda Vario 150 Bekas atau All New Beat?