Sukses

Volvo XC40 Recharge, Mobil Listrik yang Terinspirasi Tesla Model3

Liputan6.com, Jakarta - Volvo resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, XC40 Recharge. Namun, model ini ternyata terinspirasi dari Tesla Model3 yang sudah terlebih dahulu meluncur di pasaran.

Berbicara kepada Automotive News Europe, Chief Technology officer Volvo, Henrik Green mengatakan peluncuran Tesla Model3 di tengah jalan pengembangan XC40 Recharge membuat model ini mengalami ubahan.

Bahkan, secara khusus baterai Tesla Model3 yang besar menjadi dasar Volvo untuk membenamkan juga penyimpan daya yang besar untuk modelnya tersebut.

"Kami menambah ukuran baterai. Kami pikir kami memiliki keseimbangan yang baik antara biaya dan ukuran sebelumnya, tetapi ketika kami melihat Model 3 keluar, kami berkata, mungkin mereka ada benarnya di sini," ujar Green.

Jadi, rencana awal Volvo XC40 bakal menggunakan baterai 60-plus kWh menjadi 78 kWh. "Kami memasukkan beberapa modul tambahan. Ini menggerakkan titik harga naik sedikit tetapi menambah kisaran jarak, sehingga kita akan berada di area yang sama dengan Model 3," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Dilansir Motor1, mobil ini memiliki jarak tempuh 400 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Menggunakan penggerak road all wheel drive (AWD) electric powertain, XC40 Recharge bisa menghasilkan tenaga hingga 408 tk.

Untuk urusan pengisian daya, apabila menggunakan fast charger mobil ini dapat terisi hingga 80 persen dalam waktu 40 menit.

Pada bagian eksterior, desain mobil listrik ini mirip dengan XC40 yang menggunakan mesin pembakaran, namun dengan sedikit perubahan.

Bagian grille terlihat tertutup dengan sedikit ruang di bagian bawah seperti yang sempat diperlihatkan melalui sketsa.

Dari segi warna, bodi terlihat didominasi hitam dan putih. Warna hitam terdapat pada fasia bagian bawah, spion, dan atap, sementara bagian lainnya bewarna putih.

Selain itu juga terdapat pilihan warna Sage Green untuk bagian eksterior.