Sukses

BMW Isetta, Si Imut yang Punya Peran Penting Saat Perang di Jerman

Liputan6.com, Jakarta - BMW ternyata tidak hanya terkenal sebagai pabrikan yang menghasilkan mobil mewah dan canggih saja. Pabrikan yang bermarkas di Munich ini ternyata memiliki mobil kecil yang unik, Isetta. Mobil tersebut bukan mobil sembarangan, tapi memiliki peran penting saat membawa orang secara rahasia dari Jerman Timur ke Jerman Barat.

Mengenang hal tersebut, BMW kemudian merilis film pendek berjudul The Small Escape yang mengabadikan BMW Isetta sebagai mobil yang memiliki tugas sangat penting.

Melansir Rideapart, Minggu (6/10/2019), film yang menceritakan Klaus-Gunter Jacobi yang menghadapi ancaman kematian, saat membantu temannya saat mencoba melintasi petugas perbatasan untuk meninggalkan Jerman Timur.

Film ini sendiri, memiliki latar pada 1964 atau 6 tahun setelah Jacobi dan keluarganya kabur meninggalkan Jerman Timur.

Saat itu, ia masih memiliki teman dan salah satu dari mereka menghubunginya untuk meminta bantuan karena hendak kabur mengikuti jejak jacobi.

Kemudian, Jacobi memodifikasi BMW Isetta karena dianggap mobil yang tepat untuk melarikan diri. Selain itu, dengan mobil ini tentara juga tak akan curiga, karena Isetta memiliki bentuk yang sangat kecil dan akan sulit digunakan untuk menyelundupkan orang melintasi perbatasan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyembunyikan manusia

Menyembunyikan Manfred Koster di mobil, Jacobi melepas beberapa bagian. Lalu, membuat kompartemen yang cukup kecil untuk satu orang, tepat di sebelah mesin. Jacobi juga menghilangkan filter udara, ban cadangan, dan pemanas mobil.

Sebelum tengah malam pada 23 Mei 1964, Jacobi dan Koster tiba dengan selamat di Jerman Barat untuk menyelesaikan misi mereka. Jacobi berhasil mengangkut delapan orang melintasi perbatasan memakai BMW Isetta, dan saat ini mobil tersebut dipajang di Berlin Wall Museum, Jerman.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading