Sukses

Cek Komponen Ini Jika Terjadi Korsleting Gara-Gara Soket USB Terkena Air

Liputan6.com, Jakarta - Melihat kebutuhan pengisian daya pada ponsel, beberapa sepeda motor saat ini sudah dilengkapi dengan USB charger. Bahkan beberapa pemilik kendaraan akhirnya memasang soket charger jika sepeda motor yang dibelinya belum memiliki fitur ini.

Berbeda dengan mobil, pengendara roda dua tentu akan terkena air saat hujan turun ataupun saat mencuci motor. Hal itu tentu menjadi perhatian penting pemilik kendaraan yang memiliki USB charger.

Lalu bagaimana jika soket charger terkena air? Seperti dilansir Suzuki Indonesia, Senin (16/9/2019), pemilik kendaraan tentu harus mengetahui lebih dulu sebanyak apa air yang masuk ke dalam USB Charger.

Apabila komponen ini hanya terkena cipratan, tentu tidak akan menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Namun jika air yang masuk cukup banyak sudah pasti akan terjadi korsleting.

Tapi pemilik kendaraan tak perlu terlalu khawatir, jika terjadi korsleting karena USB charger kemasukan air. Hal itu dikarenakan komponen kelistrikan yang lain dipastikan aman. Terlebih jika soket charger tersebut adalah bawaan pabrikan.

2 dari 2 halaman

Pastikan Ada Tambahan Sekring

Korsleting yang terjadi hanya menyebabkan putusnya sekring yang terpasang, sehingga pemilik kendaraan hanya perlu mengganti dengan sekring baru.

Namun untuk kendaraan yang memasang sendiri, pastikan ada tambahan sekring pada rangkaian kelistrikan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Langkah Mudah Merawat Mobil Putih
Artikel Selanjutnya
Ini Cara Mudah Mencegah Tikus Bersarang di Mobil