Sukses

Suzuki Ertiga Versi Ekspor Dibalut Plastik Khusus, untuk Apa?

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak media nasional untuk berkunjung ke pabriknya yang berlokasi di Cikarang. Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 130,7 hektar ini fokus untuk memenuhi produksi Suzuki Ertiga dengan kemampuan produksi 200 unit Ertiga per hari.

Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, Ertiga yang diekspor ke berbagai negara pun diproduksi di sini. Berdasarkan data dari SIS, total ekspor Ertiga CBU periode Januari - Juli 2019 adalah 12.945 unit. Sedangkan eskpor Ertiga dalam keadaan CKD pada periode yang sama sebesar 1.920 unit. Sehingga total ekspor CBU dan CKD Ertiga pada Januari - Juli 2019 sebesar 14.865 unit. 

Saat berkeliling pabrik Cikarang, terdapat perbedaan perlakuan Suzuki Ertiga untuk domestik dengan versi ekspor. Jika diperhatikan, Suzuki Ertiga versi ekspor dilapisi oleh plastik khusus di bagian atapnya. Untuk apa?

Jumadi selaku Technical Control PT Suzuki Indomobil Motor Cikarang pun memberikan penjelasan. " Lapisan tersebut untuk melindungi mobil saat pengiriman. Karena pengiriman ke negara lain memerlukan waktu yang cukup lama, bisa satu sampai dua bulan," ungkapnya.

Selain di bagian atap, pelapis khusus tersebut juga biasanya akan ditempel di bagian pintu. Terutama di bagian handle pintu Suzuki Ertiga. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi permukaan body, terutama saat pintu dibuka atau ditutup saat proses pengiriman.

 

2 dari 3 halaman

All New Ertiga Jadi Mobil Penumpang Suzuki Terlaris di Cirebon

PT Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) selaku dealer resmi Suzuki memiliki delapan outlet layanan penjualan dan purnajual yang tersebar di area Jawa Barat. PT CDPB merupakan salah satu dealer yang berhasil mencatatkan tren penjualan positif dengan kontribusi sebesar 23% terhadap penjualan Suzuki di Jawa Barat.

“ Dari sisi penjualan, kami berhasil meraih angka yang positif pada semester pertama 2019. Kami juga bangga PT SIS memilih Cirebon sebagai salah satu kota untuk melaksanakan all new Ertiga Tripventure, karena Cirebon memiliki konsumen setia dan selalu mempercayai kendaraan unggulan Suzuki, khususnya all new Ertiga,” papar Septian Ricky Herisman, General Manager PT CDPB.

 

 
 

 

Pada periode Januari-Juli 2019, Suzuki meraih market share sebesar 9,2% di Cirebon. Capaian ini tak lepas dari kehadiran all new Ertiga yang memimpin penjualan mobil penumpang Suzuki di Cirebon dengan kontribusi sebesar 18,3% terhadap penjualan PT CDPB pada periode tersebut. Dengan raihan ini, PT CDPB optimistis dapat menguasai 11% pangsa pasar Cirebon pada akhir 2019.

Keberadaan all new Suzuki Ertiga varian Sport di Cirebon rupanya disambut baik oleh konsumen di Cirebon. Salah satu daya tariknya adalah desainnya yang sudah agresif dan tak perlu dimodifikasi lagi. " Setelah hadir varian Sport, varian GX bukan lagi yang terfavorit. Karena tampilan lebih sporty dan juga kaya fitur," pungkas Septian.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mobil Buatan Indonesia Selamatkan Penjualan Suzuki
Artikel Selanjutnya
Menuju Era Mobil Listrik, Suzuki Pamer All New Ertiga Berteknologi SHVS