Sukses

Suzuki Ertiga Diesel 1.3 Disuntik Mati, Ini Alasannya

Suzuki di India secara resmi mengumumkan tak lagi menjual Ertiga diesel dengan mesin 1.3 liter. Hal tersebut membuat generasi baru Suzuki Ertiga saat ini hanya tersedia dengan pilihan mesin bensin dan diesel 1.5 liter.

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki India secara resmi mengumumkan tak lagi menjual Ertiga diesel dengan mesin 1.3 liter. Hal tersebut membuat generasi baru Suzuki Ertiga saat ini hanya tersedia dengan pilihan mesin bensin dan diesel 1.5 liter.

Seperti dilansir Car and Bike, Rabu (14/8/2019), peraturan BS6 yang akan berlaku membuat pabrikan hanya menyediakan pilihan mesin diesel 1.5 liter yang telah dikembangkan Suzuki.

Sebelumnya mesin 1,3 liter ditawarkan dalam dua pilihan output. Mesin yang pertama menghasilkan tenaga 89 Tk dan torsi puncak 200 Nm dan dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Sedangkan untuk mesin 1.3-liter DDiS, tenaga yang dihasilkan mencapai 74 bhp dan torsi 190 Nm. Berada pada model Swift dan Baleno, model yang disematkan mesin ini juga akan dihentikan penjualannya sebelum akhir tahun.

Saat ini Suzuki Ertiga hanya tersedia dengan mesin bensin K-Series 1.5 liter yang menghasilkan 103 Tk dan torsi puncak 138 Nm karena dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan torsi-konverter otomatis 4-percepatan.

Mesin ini dilengkapi dengan teknologi hibrida SHVS yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan sudah dijual dalam versi BS6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga

Di sisi lain, diesel 1.5 liter baru menghasilkan tenaga 94 Tk dan torsi puncak 225 Nm yang dipasangkan dengan transmisi manual 6 kecepatan.

Perusahaan otomotif asal Jepang ini juga memperkenalkan varian CNG di jajaran Ertiga baru-baru ini.

Perlu dilihat apakah Maruti Suzuki XL6 (berbasis Ertiga) akan tersedia dengan opsi diesel. Mobil tersebut kabarnya akan meluncur 21 Agustus 2019 dan bersaing dengan Renault Lodgy dan Honda BR-V.

Terkait harga, Suzuki Ertiga Diesel dibanderol mulai dari 9,86 lakh Rupee atau setara Rp197 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.