Sukses

Mitsubishi Xpander AP4 Menatap Keganasan Reli Selandia Baru

Liputan6.com, Tangerang - Mitsubishi Xpander AP4 direncanakan turun di kejuaraan NZRC Goldrush Rally of Coromandel di Selandia Baru.

Mitsubishi Xpander yang bakal dibesut Rifat Sungkar dalam kejuaraan nasional maupun Selandia Baru diperkenalkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di GIIAS 2019, sekaligus meluncurkan tim balap reli yang diberi nama XPANDER Rally Team (XRT).

Xpander Rally Team akan diperkuat langsung oleh Rifat dan didampingi oleh navigator M Redwan yang memang dikenal sebagai mitra kepercayaan Rifat di balik kemudi.

Rifat melihat sasis yang digunakan Xpander mengadopsi konstruksi dari Mitsubishi Lancer Evo X yang menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. Handling yang baik ini bukan tanpa alasan, karena Xpander AP4 memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.

"Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat Xpander menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli," kata Rifat.

Xpander sendiri lebih sering dilihat sebagai mobil keluarga. Kelengkapan fiturnya bisa mengakomodasi kebutuhan konsumen keluarga dan kondisi jalan Indonesia. Tapi Rifat punya pandangan berbeda soal Xpander yang memiliki keseimbangan sasis sangat baik.

"Mobil ini memnuhi kriteria regulasi dan bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4," tambah Rifat.

Berangkat dari konsep tersebut, MMKSI dan Rifat berhasil mengembangkan Xpander menjadi sebuah mobil yang dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4 dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA terkait kelas AP4 tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Sesuai Regulasi

Rifat menerangkan jika AP4 adalah inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik. Menurut Rifat, hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

"Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan," paparnya.

Rifat sendiri memiliki misi untuk mengembalikan kejayaan reli Indonesia dengan menghadirkan generasi mobil terbaru yang menggunakan teknologi tercanggih.

Selain itu, Xpander Rally Team diharapkan juga bisa menjadi ajang pembuktian bahwa Mitsubishi Xpander bukan sekadar mobil keluarga biasa, melainkan bisa menjadi mobil yang atraktif untuk digunakan dalam setiap situasi dan kondisi.

"Harapan saya dan MMKSI adalah agar Xpander AP4 tak hanya juara sebagai mobil keluarga atau operasional namun juga juara di setiap kompetisi yang diikuti dengan R&D yang sangat serius yang telah dilakukan beberapa waktu terakhir," tutup Rifat.

Selain terjun di NZRC Goldrush Rally of Coromandel, Moewai Park Whitianga, Selandia Baru, Xander AP4 akan ambil bagian di Kejurnas Sprint Rally, Meikarta Sprint Aspal, dan Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 sampai 5.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mitsubishi Raup Hampir 5 Ribu SPK di GIIAS 2019
Artikel Selanjutnya
Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Kini Bisa Ganti Ban di Bengkel Resmi