Sukses

Motor Listrik Viar Q1 Facelift Meluncur, Apa yang Berbeda?

PT Triangle Motorindo (Viar) memanfaatkan GIIAS 2019 yang berlangsung di ICE BSD City untuk menyegarkan motor listrik andalannya, yaitu new Viar Q1.

Liputan6.com, Jakarta PT Triangle Motorindo (Viar) memanfaatkan GIIAS 2019 yang berlangsung di ICE BSD City untuk menyegarkan motor listrik andalannya, yaitu new Viar Q1.

New Viar Q1 merupakan model lanjutan dari Viar Q1 pertama yang diluncurkan pada 2017. Pola rancang bangun kendaraan masa depan dengan target pasar kawula muda ini memadukan teknologi modern dengan cita rasa skuter retro dikolaborasikan dengan beragam fitur multi fungsi guna menunjang mobilitas khas kaum milenial yang dinamis.

"Target pasar all new Viar Q1 adalah konsumen umum berupa keluarga-keluarga dengan gaya hidup yang ditandai dengan mobilitas tinggi, terutama untuk perjalanan pendek dan sedang. Pelanggan pun dimudahkan karena sepeda motor listrik dari Viar Motors Indonesia sudah layak digunakan di jalan karena bisa mendapatkan STNK," kata Marketing Director Kencana Laju Mandiri (KLM) Yucuanto Susetyo.

New Viar Q1 dibekali dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V23Ah sebagai sumber daya yang didukung oleh teknologi Viar BMS (Battery Management System), sehingga memiliki jarak tempuh 120 Km atau dua kali lebih jauh dari model Viar Q1 sebelumnya.

Teknologi Viar BMS ini akan memantau tegangan, arus listrik dan suhu baterai secara bersamaan pada waktu yang sama sehingga bisa memberikan tingkat perlindungan keamanan baterai tetap terjaga dengan baik.

Untuk penggerak, all new Viar Q1 menggunakan motor tipe Brushless-Hub Motor buatan dari Bosch yang memiliki keluaran tenaga 800 watt. Untuk kecepatan puncak, generasi terbaru skuter listrik rakitan Semarang, Jawa Tengah bisa mencapai angka 60 Km/jam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Dua Mode Berkendara

Selain daya jelajah yang lebih panjang, skuter modern ini disematkan fitur dua pilihan mode berkendara, Standar dan Sport . Fitur ini bisa diaktifkan pada saat kendaraan berada di posisi berhenti atau sedang berjalan yang bisa dioperasikan melalui saklar yang terdapat di atas tuas throttle.

Fitur yang tak kalah penting adalah Emergency Throttle Posistion, teknologi ini sangat berguna jika tuas throttle tidak bekerja. Caranya cukup menekan tombol bertanda kunci pas secara terus menerus sebagai penggagti tuas thottle.

3 dari 4 halaman

Ditunjang Fitur canggih

Di samping saklar Emergency Throttle Position terdapat tombol P (parking) sebagai pengaman, dengan menekan tombol P selama 5 detik maka kendaraan siap untuk dioperasikan. Ini sangat penting untuk menjaga agar kendaraan tidak bisa dijalankan sebelum menekan tombol P, inovasi ini dihadirkan oleh Viar untuk menjaga keselamatan para penggunanya, terutama pengendara yang baru mengenal sepeda motor listrik. Karena cara berkendara sepeda motor listrik berbeda dengan cara mengendarai sepeda motor konvensional yang memiliki suara.

Selain fitur keamanan bagi pengendara, all new Viar Q1 juga dilengkapi alarm untuk menjaga keamanan kendaraan di tempat parkir. Dengan mengaktifkan fitur ini, alarm akan bekerja jika roda belakang berputar lebih dari satu putaran. Sirine akan berbunyi dan semua sistem kelistrikan akan mati total.

Viar juga menerapkan fitur Smart Key On untuk mengaktifkan kendaraan melalui remote kontrol sehingga untuk menjalankan kendaraan tidak diperlukan anak kunci. Sedangkan untuk menonaktifkan atau mematikan kendaraan cukup menekan tombol pada remote kontrol.

4 dari 4 halaman

Harga

Semua informasi kendaraan yang dibutuhkan bisa dipantau melalui panel layar full digital model negatif sehingga mudah dibaca oleh pengendara dalam berbagai kondisi. Desain baru lampu utama yang lebih sporti sudah menggunakan LED, termasuk lampu sein.

Selain memberikan daya dua kali lebih besar, guna menunjang aktivitas dan mobililitas pengendara di era modern, All new Viar Q1 memperbarui soket USB pengisi daya gawai dengan keluaran daya sebesar 2,1 Ampere yang terdapat pada konsol depan sebelah kiri.

All New Viar Q1 akan hadir dengan satu pilihan warna, yakni Creamy White dan dijual dengan harga Rp18.950.000.

Sumber: Otosia.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.