Sukses

New Kawasaki Ninja ZX-10R Mengaspal di GIIAS 2019, Harga Rp480 Juta

Liputan6.com, Jakarta - New Kawasaki Ninja ZX-10R 2019 resmi diluncurkan oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di BSD, Tangerang.

New Ninja ZX-10R mengacu pada mesin balap Kawasaki Racing Team (KRT) yang telah mengumpulkan rekor demi rekor di Superbike World Championship. Dari sisi teknis, Kawasaki banyak melakukan pembaruan. Perubahan pada new Ninja ZX-10R dari pendahulunya terlihat pada performa mesinnya.

Puncak horsepower kini lebih tinggi, yaitu 200 Tk. Peningkatan dari pendahulunya ini mengubah kurva torsi yang dulunya datar. Motor ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 998 cm3 berpendingin cair, 4 cylinder in-line Four.

New Ninja ZX-10R kini dilengkapi valve train yang baru merupakan teknologi racing tertinggi yang dipasangkan pada ZX-10R, meningkatkan performa saat rpm tinggi.

Selain itu dibenamkan teknologi Cylinder Head Siap untuk High-Lift Cams. Sebelumnya fitur ini hanya terdapat pada Ninja ZX-10RR, kini cylinder head pada semua model, termasuk New Ninja ZX-10R, tersedia clearance untuk mengakomodasi peningkatan race-kit high-lift camsNew Kawasaki Ninja ZX-10R dilengkapi dengan cylinder head cover berwarna merah.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Kemudian sistem KQS yang dual-direction membuat motor ini dapat menaikan dan menurunkan gigi tanpa kopling. Hal ini dapat mempermudah performa sport riding, juga bisa digunakan di jalan raya pada rpm di atas 2,500 min.

New Ninja ZX-10R sudah mengadopsi electronic steering damper (peredam kemudi elektronik). Sistem ini memberikan jumlah redaman yang tepat berdasarkan apa yang dilakukan oleh motor ini.

Menggunakan input dari sensor kecepatan roda belakang (melalui ECU engine), ECU damper setir elektronik menentukan kecepatan motor, serta tingkat kecepatan motor saat accelerating atau decelerating.

Untuk aerodinamis terdapat cowling yang dengan baik membelah udara dan melindungi pengendara dari angin dan memudahkan saat di tikungan.

Diuji dalam kompetisi balap dunia, teknologi fork depan yang dikembangkan bersama Showa langsung dari pabrik mesin balap Kawasaki. Lebih lanjut, motor ini juga dilengkapi dengan BFRC Lite (Balance Free Rear Cushion) dari Showa. Spesifikasi tinggi sistem rem depan Brembo berkontribusi pada kinerja ZX-10R pada saat melakukan cornering.

Dilengkapi dengan Dual high-spec Brembo M50 monobloc calipers yang mencengkram 330 mm discs.

3 dari 3 halaman

Fitur dan Harga

KCMF (Kawasaki Cornering Management Function) merupakan evolusi terakhir dari software dari Bosch IMU (Inertial Measurement Unit) yang dibenamkan pada motor ini. KCMF memonitor parameter mesin dan sasis saat melewati tikungan (entry, apex, hingga corner exit), mengatur kekuatan rem dan kekuatan mesin untuk memudahkan smooth transition dari akselerasi ke pengereman, lalu ke akselerasi lagi.

Fitur tersebut juga berfungsi untuk membatu pengendara untuk menelusuri alur yang mereka inginkan saat ditikungan. Sistem ini diikuti juga dengan sistem S-KTRC (Sport-Kawasaki Tracktion Control), KLCM (Kawasaki Launch Control Mode), KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System), dan Kawasaki Engine Brake Control.

S-KTRC sendiri membantu pengendara memacu motor lebih keras dengan memaksimalkan percepatan, dan KLCM didesain untuk membantu pembalap dengan mengoptimalkan akselerasi dari saat berhenti, KLCM secara elektronik mengelola output engine untuk meminimalkan wheelpin dan pengangkatan roda saat diluncurkan.

Sedangkan KIBS adalah sistem manjemen rem kelas supersport Kawasaki menggunakan control presisi tinggi untuk mengatur tekanan rem selama sport riding, dan Kawasaki Engine Brake Control memungkinkan pengendara untuk mengatur pengereman mesin sesuai dengan preferensi.

Ninja ZX-10R terbaru ini dilengkapi mode berkendara Full, Middle, and Low. Dijual dengan hrga Rp 480 juta, New Ninja ZX-10R menawarkan warna Lime Green, Ebony, dan Metallic Graphic Gray.

Sumber: Otosia.com

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Miris, Nissan Suntik Mati 3 Model di Negara Asalnya
Artikel Selanjutnya
5 Mobil Hybrid yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2019