Sukses

Jeep Kembangkan SUV Sekelas Toyota Fortuner

Liputan6.com, Jakarta - Jeep dikabarkan tengah mengembangkan SUV sekelas Toyota Fortuner. Pengembangan mobil baru ini dilakukan di India.

Melansir Cardekho, SUV Jeep nantinya punya konfigurasi kursi 3-baris 7-penumpang. Dimensinya akan lebih besar ketimbang Compass dan Wrangler. Tapi lebih kecil ketimbang Grand Cherokee.

Sebenarnya Jeep sudah memasarkan SUV 7-penumpang premium, Commander, di Cina. Besar kemungkinan, SUV barunya untuk pasar India itu bakal memakai platform Commander, dengan kelas yang diturunkan.

Soal kemampuannya, mungkin tak perlu dipertanyakan lagi. Daya jelajahnya luas, alias biasa melibas semua medan. Selain Fortuner, rival calon SUV ini juga bakal berhadapan dengan Ford Endeavour, Honda CR-V ataupun Skoda Kodiaq di India.

Hal itu lantaran prediksi harganya sekitar INR 3.000.000 atau Rp 615 juta. Perkiraan harg a itu bisa didapat berkat tersediaya fasillitas produksi di Pune, India.

Karena itu, tentu ongkos bisa ditekan. Pabrik ini juga disinyalir menjadi basis ekspor wilayah Asia.

 

2 dari 2 halaman

Mesin

Jantung mekanisnya kemungkinan akan terdiri dari dua jenis, diesel dan bensin. Mesin diesel milik Compass mungkin jadi dapur pacunya.

Mesin diesel 2.0L bertenaga 170PS dan torsi 350 Nm. Dua pilihan transmisi juga ditawarkkan, manual 6-percepatan atau otomatis 9-percepatan.

Sementara mesin bensinnya mungkin akan sama dengna unit milik Grand Commander atau Wrangler JL. Mesin itu berkubikasi 2.0: turbo, dengan putut tenga 234-175 PS. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 9-percepatan dan bersi manual.

Mobil ini kemunkginan bakal dirilis akhir 2021 hingga awal 2022 di India. Lalu apakah juga doboyong ke Indonesia?

Jika iya, maka harganya jelas akan di atas harga di India, mengingat banyak biaya tambahannya. Selain itu, SUV ini tak akan berada satu segmen dengan Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia. Bisa saja SUV ini naik kelas.

Sumber: Otosia.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Toyota Fortuner Punya Warna Baru, Intip Bocorannya