Sukses

Bocoran Motor Sport 250 Cc Suzuki yang Rilis Hari ini

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang peluncurannya yang tinggal menghitung waktu, beredar bocoran wujud Suzuki Gixxer 250 SF seperti yang diunggah oleh Thrustzone.com, salah satu media lokal India.

Suzuki Gixxer 250 SF sendiri dijadwalkan meluncur hari ini (20/5) di India. Sebelumnya, mereka juga telah merilis beberapa teaser terkait wujud dan suara motor baru ini.

Tak berbeda dengan bocoran wujud sebelumnya, sportbike 250cc baru Suzuki ini dibekali LED headlight, setang clip-on, instrumen panel digital, dan jok split-seat.

Di sektor kaki-kaki terpasang suspensi depan teleskopik yang dipadu velg 17 inci berbalut ban 110/70R17. Sedangkan bagian belakangnya dibekali ban 150/60R17 dan monoshock swingarm. Kedua rodanya dikawal single disc-brake.

Geser ke dapur pacu, Suzuki Gixxer 250 SF mengandalkan mesin 1-silinder SOHC 4-katup 249 cc oil-cooled. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga sebesar 26,5 ps dengan torsi maksimum 22,6 Nm.

Diprediksi harga Suzuki Gixxer 250 SF tak akan jauh dari pesaingnya, Kawasaki Ninja 250 SL, yakni sekitar INR170.000 - INR180.000 yang setara Rp35 - 37 jutaan (Kurs INR1 = Rp207).

2 dari 2 halaman

Suzuki Patenkan Mesin Terbaru

Suzuki mematenkan desain mesin terbarunya yang berkonfigurasi 1 silinder SOHC. Mesin ini memilik karakter yang agresif.

Mesin satu silinder terkenal dengan karakter lebih cepat putarannya maupun memberi akselerasi awal yang cenderung menyentak.

Selain itu, bobot ringan memberi kelincahan lebih baik. Meski begitu, getaran saat putaran mesin tinggi jadi salah satu sisi kekurangan. Nah, mesin Suzuki baru diklaim punya solusi untuk kekurangan itu.

Dilansir dari situs Bikesrepublic.com, Suzuki mematenkan mesin satu silinder yang cocok untuk performa tinggi dengan kubikasi besar. Dengan menambahkan bagian tertentu, getaran dapat jauh diminimalisir.

Alih-alih menggunakan balancer shaft, Suzuki memasang tambahan conrod di depan yang terhubung dengan crank pada piston, sedang ujung satunya lagi terpasang pada rocker arm.

Diklaim, susunan itu bisa mengurangi getaran, kemudian memberi kemampuan putaran mesin lebih tinggi. Pada akhirnya bisa menghasilkan tenaga lebih besar dari mesin yang cuma punya satu ruang bakar.

Gambar desain itu bukan pertama kali dipatenkan oleh manufaktur berlogo huruf 'S'. Gambar mesin dengan ide serupa pernah dilayangkan Suzuki untuk dipatenkan pada 2017 silam.

Hanya saja kala itu, mesin DOHC yang menempel pada motorcross atau trail, yang memang sesuai dengan kebutuhannya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Suzuki Patenkan Desain Mesin Motor Terbaru, Ini Bocorannya
Artikel Selanjutnya
Bos Suzuki Bicara Peluang Alex Rins Juara MotoGP 2019