Sukses

Rombak Audio Sebelum Mudik, Intip Kisaran Harganya

Liputan6.com, Jakarta Audio memegang peranan penting untuk menghibur Anda selamat perjalanan. Apalagi saat kendaraan dipakai untuk mudik.

Audio mobil pun punya andil besar dalam mencairkan suasana. Kala jalanan macet, misalnya. Sistem pemanja telinga pada kendaraan nonpremium biasanya amat standar. Jika Anda butuh upgrade, beberapa pilihan di bawah ini bisa menjadi pertimbangan.

DSP Corpus Callosum

Processor audio merupakan otak dari sebaran suara dalam kabin mobil. Digital Sound Processor (DSP) jadi komponen utama dalam sound system. Perangkat berfungsi untuk mengatur frekuensi. Sehingga menghasilkan suara yang seimbang pada speaker, tweeter dan subwoofer. Salah satunya DSP The Corpus Call-o-sum. Ada dua tipe yang tersedia: 6425 dan 8425

Yang pertama 6425. Banderolnya sekitar Rp 2,5 jutaan. DSP The Corpus Call-o-sum 6425 dilengkapi fitur-fitur 6 channel output rca, 2 channel input RCA, 4 channel hi input dan Analog device Adau1450. Lalu power outputnya 25 watt x 4. Sedangkan DSP The Corpus Call-o-sum 8425 dibekali fitur yang lebih lengkap. Harganya sekitar Rp 5 jutaan. Lebih komplet dengan input bluetooth, playback file digital via usb port dan controller (untuk setting sesuai kebutuhan).

Wahyu Tanuwidjaja, CEO Audioworkshop, menjelaskan. Dua produk terbaru DSP The Corpus Call-o-sum, sanggup menjadi DSP independen. Tersedia tambahan RCA output, plus dukungan power amplifier. Pastinya demi menyemburkan mutu suara yang lebih detail. Ukurannya relatif kecil. Alat ini bisa disimpan di manapun. Misalnya di kabin belakang atau di bawah jok penumpang.

“DSP terbaru kami sudah sistem komputerisasi. Jadi pengaturan tidak manual seperti model lama. Anda bisa pasang di mobil MPV dengan audio OEM pabrikan. Tak makan waktu pemasangan lama, kualias audio bisa meningkat. Akan lebih baik, bisa ditambah peredam pada pintu mobil. Kalau konsumen mau upgrade, DSP ini tentu sangat mendukung itu. Bisa sistem 2 way, 3 way atau multi,” terang Wahyu.

 

 

2 dari 3 halaman

Paket 2 Way

Audioworkshop juga meyuguhkan paket selain processor. Anda yang mau upgrade audio Xpander, bisa ambil paket ini. Cukup sediakan dana Rp 3,5 juta, Anda mendapatkan satu set speaker split Buddy 6B dan sepasang tweeter. Ditambah subwoofer active kolong ES Boombox 8 inci. Sistem audio 2 way ini cocok buat mobil keluaran Mitsubishi. Itu belum termasuk instalasi dan kabel. Ongkos pemasangan mulai dari Rp 500 ribuan (menyesuaikan tipe mobil).

Khusus untuk mobil Toyota, ada paket senilai Rp 3,99 juta. Isinya satu set speaker split RSE 165 beserta tweeter dan subwoofer oval active 690 CA1 8 inci. Cocok untuk mobil macam Avanza, Innova dan Yaris. Sedangkan untuk Honda. Tersedia paket speaker split Focal RSE 165 plus tweeter. Tambah subwoofer active Buddy 8 inci, untuk suara bass yang lebih menggelegar. Cocok dipasang buat Mobilio, BR-V dan Brio.

 

 

3 dari 3 halaman

Paket 3 Way

Jika Anda kurang puas dengan model 2 way. Bisa coba aplikasi sistem audio 3 way. Perbedaan mendasar antara keduanya, ialah sebaran frekuensi detail. Sebab terdapat beda komponen speaker yang tersisip di mobil. Sekadar gambaran mudah, kalau sistem 2 way, tersedia tweeter dan midbass plus crossover pasif. Sedangkan 3 way ada penambahan pada komponen speaker, yakni midrange. Apa fungsinya? Ia menghasilkan suara (dari pemutaran musik) dengan frekuensi tinggi. Yang pasti, rentang suara ini tidak bisa dihasilkan oleh tweeter dan midbass. Ada efek saat kita menambahkan midrange. Suara vokal yang dihasilkan lebih jernih dan makin kentara.

Mereka menyediakan paket 3 way, dengan harga relatif mahal. Misalnya racikan audio Rp 28,9 juta. Isinya satu set tweeter ML 280.3, satu set midrange ML 700.3, satu set midbass ML 1650.3 dan satu buah subwoofer S 300 berukuran 12 inci. Tak ketinggalan ada tambahan dua unit amplifier 4 channel. Kalau dirasa masih kurang, tersedia sistem audio 3 way European taste.

Gelontorkan dana Rp 46, 2 juta. Di dalamnya berisi satu set 3 way speaker ES 165 KX3. Satu buah subwoofer 12 inci ES 25 KX dan dua unit amplifier 4 channel. Cocok untuk kendaraan premium macam Mercedes-Benz dan BMW. Bahkan paket ratusan juta pun tersedia. Dan semuanya belum termasuk pilihan kabel juga pemasangan. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan (instalatur) Audioworkshop. Soal racikan dan pilihan peranti yang tepat buat mobil Anda. 

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Suzuki Baleno Versi Toyota Bernama Glanza
Artikel Selanjutnya
Renault Serius Bangkit di Indonesia, Ini Strateginya