Sukses

Jangan Terkecoh, McLaren Senna Ini Terbuat dari Lego

Jangan tertipu dengan tampilan McLaren Senna yang satu ini. Pasalnya, supercar ini terbuat dari Lego namun sosoknya menyerupai aslinya.

Liputan6.com, Jakarta - Jangan tertipu dengan tampilan McLaren Senna yang satu ini. Pasalnya, supercar ini terbuat dari Lego namun sosoknya menyerupai aslinya.

Diklaim, waktu membangun dari nol sampai jadi, butuh waktu hampir 5.000 jam. Itu disebabkan detail yang rumit, dengan jumlah komponen terpisah hampir setengah juta.

Seperti dilansir dari situs Carscoops, pihak McLaren menyatakan model Senna dari Lego, kreasi mereka yang paling mendekati wujud asli dari mobilnya. Itu dibandingkan dengan kreasi lain dari Lego yang pernah dibangun. Misal, McLaren 720S dari Lego rilisan dua tahun lalu.

Meski tak seperti kreasi Bugatti yang bisa dijalankan dengan tenaga listrik, McLaren Senna Lego tampil sangat mirip dan orang bisa duduk di balik kemudi.

Bahkan bisa memainkan sejumlah fitur, seperti menyalakan lampu dan memencet tombol Start di atap. Kalau tombol itu ditekan, ada bunyi mesin palsu untuk dinikmati.

Saat dijumlah, digunakan sebanyak 467.854 elemen Lego untuk membangun McLaren Senna ukuran nyata. Angka itu, 200 ribu lebih banyak dari yang dibutuhkan 720S. Tim yang bertanggung jawab dalam produksi sebanyak 10 orang.

Meski dengan jumlah segitu, diperlukan 2.725 jam untuk memasang semua potongan agar terhubung. Kalau dibandingkan dengan waktu sama, McLaren bisa memproduksi sembilan unit Senna yang dirakit tangan. Sementara dari waktu pengerjaan total, 4.935 jam dibutuhkan untuk membangun hypercar itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pada model ini juga, diklaim pertama kali McLaren membubuhi interior dengan bagian seperti aslinya. Termasuk jok, kemudi dan pedal dari bahan serat karbon. Sedang pelek dan ban Pirelli juga asli seperti Senna yang sudah diproduksi.

Mekanisme pintu juga sama, model gullwing yang sangat khas. Pintu itu bisa dilepas untuk kemudahan akses kabin Senna versi Lego.

McLaren Senna berbahan Lego dibangun dengan acuan warna Victor Grey dan sentuhan warna jingga pada sejumlah bodi.

Warnanya sama dengan mainan Lego edisi Speed Champions yang berukuran panjang 15 cm dan terbatas cuma ada 219 unit di dunia. Lego Speed Champions McLaren Senna sendiri dipasarkan sejak awal tahun ini.

Pihak manufaktur bakal memboyong McLaren Senna dari Lego untuk dipamerkan pada sejumlah pameran otomotif. Salah satunya, Goodwood Festival yang dihelat Juli 2019 mendatang. Tampaknya memang tidak dijual, hanya dipamerkan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.