Sukses

Menguji Kemampuan Ban Corsa Platinum M5 untuk Yamaha NMax

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengakomodir para pengguna skuter matik premium, seperti Yamaha NMax yang sudah semakin besar di Indonesia, PT Multistrada Arah Sarana Tbk resmi menghadirkan ban Corsa Platinum M5. Karet bundar ini dihadirkan khusus bagi pengguna skutik gambot, yang menginginkan ban mumpuni, namun dengan harga yang masih cukup terjangkau.

Beruntung, Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk menguji ketangguhan ban yang sudah diluncurkan Oktober 2018 ini, dengan penggunaan sehari-hari dan touring santai ke Bogor, Jawa Barat.

Untuk menguji ban tersebut, Liputan6.com memilih ukuran 120/70-13 ban depan dan 140/70/13 ban belakang.

Saat pertama mengggunakan ban ini, memang perlu penyesuaian sedikit. Pasalnya, ban ini memiliki profil yang cukup berbeda dengan ban lainnya, yaitu V-Shape di bagian depan dan model round atau bulat di bagian belakang.

Dengan pola telapak tersebut, ketika menikung ban depan yang bekerja, sehingga daya cengkeram dengan aspal lebih lengket. Dan hal tersebut sangat dirasakan karena ketika berbelok dan menikung tajam lebih percaya diri.

Sedangkan saat menahan beban, ban belakang yang bekerja karena bobot terberat Yamaha NMax berada di bagian buritan.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, untuk kompon ban juga berjenis medium to soft, dan menurut M Sulkan Arif, Technical Support National PT Multistrada Arah Sarana Tbk, jenis kompon ini sifatnya lebih empuk dari ban biasa. "Dengan semakin empuk karet ban, maka kemampuan cengkeramannya semakin optimal," ujarnya.

Meskipun menggunakan kompon medium to soft, durabilitas ban ini diklaim oleh pabrikan masih cukup maksimal, bahkan mampu digunakan hingga 15 ribu km (ban depan), dan 12 ribu km (ban belakang).

Pola blok yang sporty dan lebih dalam pada ban ini dihadirkan untuk meningkatkan visual dengan gaya yang lebih sporty. Alur telapak dibuat lebih dalam, dengan maksud meningkatkan masa pakai ban.

Pattern ban ini juga disajikan dengan konsep reverse (depan dan belakang berlawanan). Fitur ini diadopsi dari Michelin untuk mengoptimalkan performa cengkeram ban saat kecepatan tinggi.

Lagi-lagi, saat berkendara dengan kecepatan tinggi, Yamaha NMax yang digunakan Liputan6.com kendarai memang lebih mudah dikontrol. Selain itu, ban ini juga cukup baik saat digunakan meliuk-liuk di tengah kepadatan lalu lintas di kota besar, seperti Jakarta.

Kondisi dinding ban juga dirancang sedemikian rupa untuk membuatnya makin kokoh dan stabil kala menghadapi berbagai kondisi jalan raya.

Pada dinding ban juga diberikan rim guard, sebuah fitur yang menebalkan bagian yang bersinggungan dengan pelek untuk melindungi pelek dari benturan pada bagian samping.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dengan begitu, daya cengkeram ban ini lebih baik saat digunakan di berbagai kondisi jalan, baik melintas di perkotaan atau saat menuju Bogor, dengan jalanan yang beragam, seperti menanjak dan menurun, dan sedikit melintasi jalan aspal yang tidak rata alias bebatuan.

Untuk diketahui, Corsa M5 tersedia dalam ukuran 11/70-13 depan dengan harga Rp 270 ribu, 120/70-13 (depan) dengan banderol Rp 325 ribu. Sedangkan untuk ban belakang, tersedia ukuran 130/70-13 dengan harga Rp 350 ribu, 140/70-13 belakang Rp 390 ribu, dan 150/70-13 dengan banderol Rp 420 ribu.

Ke depannya, Corsa M5 juga akan tersedia untuk ring ukuran 12 inci, yang ditunjukan kepada pemakai Honda Scoopy dan Yamaha FreeGo.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sekolah Ambruk di Bogor Tak Kunjung Diperbaiki

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Morning Ride ke Bogor Tandai Pengujian Corsa M5 oleh JMC
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Merawat Ban Motor