Sukses

Gaya Baru Toyota Hiace, Semakin Mirip Alphard

Liputan6.com, Bangkok - Foto Toyota Hiace generasi keenam telah bocor di dunia maya. Foto tersebut tertangkap saat Hiace sedang dalam proses pengiriman di Thailand. Wajahnya terlihat berbeda, moncongnya lebih panjang dan menyerupai Alphard.

Hal tersebut menandakan adanya kemungkinan Hiace baru mendapat ubahan posisi mesin, tak lagi berada di bawah jok depan. Posisi mesin maju, sehingga Hiace baru memiliki bonnet. Fungsinya, untuk memenuhi regulasi keselamatan yang kian ketat di Jepang.

Tak cuma tambah kap mesin, Hiace juga punya wajah baru. Grille yang berani, lampu depan besar serta desain lampu kabut juga lebih segar, jadi ubahan nyata di bagian muka. Sementara karena ada kap mesin, kaca depan jadi landai, meningkatkan kadar aerodinamika sekaligus estetika. Beralih ke samping, kaca jendela lebih besar ketimbang model yang ada saat ini. Bibir rumah roda pun lebih tegas dari sebelumnya.

Pintu samping model geser dibawa dari generasi terkini. Buritan masih menyajikan lampu belakang vertikal, dengan sedikit penyegaran. Keseluruhan ubahan menjadikan Hiace tampak lebih premium dari sebelumnya. Meski terlihat pada foto, beberapa mobil memakai bumper plastik hitam dan pelek kaleng. Dipercaya model itu varian standar atau paling dasar untuk komersial dari Hiace baru nanti.

Varian lain dengan bodi lebih mewah juga disiapkan. Rumor beredar, nama Regius bakal dipakai kembali, mengisi celah antara Hiace standar dan Alphard sebagai mobil penumpang. Nampaknya Toyota tak ingin melewatkan ragam segmen pasar yang meminatinya.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kelengkapan kabin dan fitur bakal menyesuaikan dengan varian yang ada. Bahkan diprediksi, diisi dengan teknologi modern penunjang kenyamanan dan keselamatan tinggi. Soal jantung mekanis baru yang mengisi ruang mesin, kemungkinan ada dua pilihan. Ada mesin turbo diesel 2GD-FTV 2,4 liter dan 1GD-FTV 2,8 liter, menggantikan mesin lawas yang masih dipakai hingga kini.

Dengan model kendaraan penumpang yang digarap lebih serius, Hiace baru kemungkinan menyaingi kompetitor seperti Hyundai Starex. Tapi, saat ini, butuh surat izin mengemudi (SIM) B1 untuk bisa mengemudikan Hiace di Indonesia. Sementara kompetitor cukup memakai SIM A.

Belum jelas waktu kelahiran Toyota Hiace generasi ke-6 itu. Ekspektasi di Jepang bakal muncul lebih dulu tahun ini, sedang negara lain menyusul belakangan, mungkin tahun depan. Dengan beredarnya bocoran desain, tak tertutup kemungkinan bocoran spesifikasi bakal muncul tak lama kemudian. Kita nantikan saja. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Toyota Perpanjang Garansi Baterai Mobil Listriknya
Artikel Selanjutnya
Demi Olimpiade, Perusahaan Otomotif Nasional Bantu Cari Atlet Muda Berbakat Lewat Satria