Sukses

Jalan Licin Saat Musim Hujan, Begini Teknik Pengereman yang Benar

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi jalan yang licin akibat hujan merupakan hal umum bagi pengendara di musim hujan, seperti saat ini. Kondisi seperti itu dapat menyebabkan kecelakaan akibat tergelincir saat mengerem.

Hal ini bisa saja terjadi jika kamu melakukan pengereman dengan teknik yang salah. Dalam artikel kali ini, terdapat beberapa cara pengereman sepeda motor dengan benar, seperti dilansir Corsatire, Selasa (5/2/19).

Pertama, pengendara sebaiknya menggunakan keempat jari tangan kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Hal itu dilakukan agar semua handle rem terpegang sempurna sehingga pengereman bisa dilakukan lebih maksimal.

Selanjutnya, proses pengereman harus diawali dengan melepas handle gas. Akan percuma jika pengendara mengerem sambil menarik gas, karena mesin masih memutar roda. Hasilnya pengereman yang dilakukan tidak maksimal.

Lakukan penarikan handle rem secara pelahan-lahan, jangan disentak secara bersamaan. Setelah hampir mendekati objek yang dihindari, pengereman bisa ditarik lebih kuat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk memperlambat laju kendaraan di jalanan lurus, kombinasikan sistem pengereman depan dan belakang dengan perbandingan 60:40 atau 70:30. Pemakaian rem depan yang lebih besar memungkinkan gerakan sepeda motor tidak oleng. Sedangkan pengendara yang menggunakan rem belakang memiliki potensi sliding lebih besar.

Apabila sepeda motor hendak melewati tikungan, teknik pengereman yang benar ialah mengandalkan rem belakang secara perlahan-lahan. Penggunaan rem depan bisa mengakibatkan motor terpeleset.

Pastikan kondisi rem depan dan rem belakang selalu normal. Lakukan perawatan rem sepeda motor secara rutin dan ganti kampas rem yang sudah habis. Jangan biarkan salah satu sistem pengereman tidak berfungsi. Sebab, rem depan dan rem belakang merupakan komponen penting.

Hal terakhir, pastikan ban motor memiliki daya cengkeram yang baik agar kendaraan tetap terkendali saat mengerem. Jika ban tidak memiliki daya cengkeram resiko terjadi selip saat mengerem lebih besar.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Moge Adventure Baru Asal Cina Pesaing Honda CB500X
Artikel Selanjutnya
Bikin Tercengang, Aksi Konyol Pria Selamatkan Sepeda Motornya dari Banjir