Sukses

Dorna Resmi Istirahatkan Nomor Legendaris Nicky Hayden

Liputan6.com, Jakarta Nicky Hayden punya nama besar di arena MotoGP. Pembalap Amerika Serikat ini pernah mengantongi juara kelas "para dewa". Untuk memberi penghormatan terakhir sejak kejadian tragis dua tahun lalu, promotor MotoGP secara resmi akan mempensiunkan nomor #69.

Dilansir dari Motorsport, pengumuman ini disampaikan langsung oleh CEO Promotor MotoGP Dorna Sports, Carmelo Ezpelata. Keputusan tersebut bertujuan untuk menghormati prestasi dari mantan juara dunia 2006 itu.

"Nicky Hayden adalah salah satu aset terbesar bagi paddock ini dan contoh yang fantastis sebagai seorang pengendara, baik di trek maupun di luar trek," ujar Carmelo. "Ini merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menghormati warisannya sekali lagi dan memastikan nomor #69 akan tetap identik dengan legenda dan seorang juara yaitu Nicky Hayden."

Nicky Hayden menggunakan nomor #69 di sepanjang karir MotoGP-nya. Hayden pertama hadir di MotoGP dengan membawa segudang prestasi bersama tim Honda yang berhasil keluar sebagai juara dalam AMA American Superbike pada tahun 2003.

Pembalap berjuluk Kentucky Kid itu juga pernah memenangkan gelar dalam pertarungan dramatis yang terkenal dengan Valentino Rossi di musim keempatnya di MotoGP.

Nahas, Nicky Hayden meninggal karena cedera kepala yang diderita pasca mengalami kecelakaan lalu lintas di tahun 2017. Sebuah acara akan digelar di Grand Prix Amerika di Austin pada bulan April ini untuk menandai penghormatan tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Penghormatan Besar bagi Nicky Hayden

Ayah Nicky Hayden yaitu Earl mengatakan bahwa keputusan MotoGP untuk mempensiunkan nomor Hayden adalah "suatu kehormatan besar" dan senang bahwa itu akan ditandai dengan sebuah acara di Austin.

"Sangat tepat bahwa itu akan dilakukan pada balapan AS karena balapan ini sangat berarti bagi Nicky dan dia sangat menantikan balapan ini setiap tahun," ujar Earl Hayden. "Bagi saya khususnya, ini akan menjadi acara yang sangat istimewa karena nomor #69 adalah nomor saya ketika saya membalap dan saya sangat bangga melihat Nicky kembali menggunakan nomor #69 dengan sepeda motornya selama menjalani seluruh karirnya."

Terakhir Earl mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak, "atas nama keluargaku, aku ingin mengucapkan terima kasih khusus kepada Dorna karena telah menghormati Nicky dengan cara khusus ini bersama dengan banyak gerakan lain yang telah mereka lakukan untuk mendukung kami melalui masa-masa sulit."

Keputusan mempensiunkan nomor Hayden sendiri bukan merupakan yang pertama dilakukan oleh MotoGP, sebelumnya MotoGP sudah mempensiunkan beberapa nomor milik pembalapnya yaitu nomor #48 milik Shoya Tomizawa, #58 milik Marco Simoncelli dan #74 miliki Daijiro Kato. Semua nomor tersebut dipensiunkan oleh MotoGP atas kematian mereka.

Selain 3 nama tersebut, sebelumnya MotoGP juga pernah mempensiunkan nomor atas dasar penghargaan prestasi mereka yaitu nomor #34 milik Kevin Schwantz dan nomor #65 milik Loris Capirossi.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mazda CX-8 Meluncur Pekan Depan, Intip Bocoran Spesifikasinya
Artikel Selanjutnya
Di Indonesia Inden 4 Tahun, Suzuki Jimny Jadi Mobil Dinas di Italia