Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Mengadu Kemampuan Mesin Nissan Livina dengan Rival Sekelasnya, Siapa Unggul?

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun 2019 diawali dengan persaingan keras di segmen LMPV. Bocoran foto dan video duet maut Avanza-Xenia mengawali genderang perang ini. Pekan ini, giliran Nissan yang menghebohkan pasar LMPV di Indonesia dengan bocornya foto dari Nissan Livina 2019.

Berdasarkan salah satu tenaga penjual, Nissan Livina 2019 diprediksi akan meluncur pada 28 Februari 2019 mendatang. Menurut sumber yang sama, Nissan Livina 2019 ini memiliki beberapa perubahan, salah satunya yaitu basis mobil yang digunakan. Pada Livina 2019 ini, pihak Nissan menggunakan basis dari Mitsubishi Xpander.

Dengan menggunakan basis Xpander, Livina menjadi lebih tinggi dan memiliki kabin yang lapang. Namun untuk urusan mesin, Nissan dikabarkan memilih mesinnya sendiri dibanding menggunakan mesin Mitsubishi.

Jika Nissan Livina 2019 menggunakan mesin Livina lama. Maka Livina 2019 mengadopsi mesin 1.498 cc 4 silinder segaris DOHC Twin VTC yang menghasilkan tenaga 107,5 Tk pada 5.600 rpm serta memiliki torsi 143 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk urusan transmisi, memang belum ada kepastian mengenai jenis transmisi apa yang akan digunakan oleh Livina 2019. Namun, jika berkaca dari model lamanya, terdapat dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan serta CVT.

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Namun, mari kita bandingkan dengan mesin dari Xpander. Xpander menggunakan mesin bensin tipe MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) yang memiliki kapasitas 1,5 liter DOHC yang menghasilkan tenaga sebesar 102,5 Tk pada 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Jika membahas spesifikasi mesin dari para peserta kelas LMPV, rasanya kurang afdol jika tidak membahas juga spesifikasi mesin dari Toyota Veloz. Perlu dicatat, data mesin Toyota Veloz diambil dari generasi lama. Karena informasi resmi Toyota Veloz 2019 baru akan dibeberkan pada 15 Januari 2019 mendatang.

Toyota Veloz dibekali mesin bensin berkapasitas 1.496cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i. Mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 102,5 Tk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 136 Nm pada 4.200 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Jika kita bandingkan tenaga mesin dari ketiga petarung di kelas LMPV tersebut, Nissan Livina memang sedikit lebih unggul dari rival-rivalnya dari segi tenaga maupun torsi. Selain itu, Livina merupakan satu-satunya mesin yang dipasangkan dengan transmisi CVT.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tiga Ciri Ring Piston Aus
Artikel Selanjutnya
Ini yang Terjadi Jika Gasket Silinder Head Mesin Bocor