Sukses

Membersihkan Blok Mesin Motor dengan Modal Recehan

Liputan6.com, Jakarta - Saat motor kesayangan Anda kotor dan didiamkan, maka tampilannya semakin kusam, berkarat, dan merusak komponen. Itu sebabnya, sangat penting untuk membersihkan motor kamu, terlebih ketika musim hujan seperti sekarang. Terutama bagian blok mesin.

Salah satu bagian yang sering kotor dan nodanya membandel adalah bagian blok mesin. Namun, kamu dapat membersihkannya dengan modal tidak sampai Rp 5 ribu. Bagaimana caranya? Kamu bisa pakai pembersih alternatif bernama blau yang biasa terdapat di kamar mandi atau area dapur. Jika tidak punya, blau dijual di Bukalapak dengan harga mulai Rp200.

Ya, kamu bisa membersihkan blok mesin hanya menggunakan blau. Percayalah, blok mesin motor kamu akan kembali kinclong tanpa harus membawanya ke salon motor! Lalu, bagaimana cara menggunakan blau agar block mesin bisa bersih maksimal? Yuk, baca terus artikel berikut ini untuk mendapatkan jawabannya!

 

Oleskan Campuran Air dan Blau  

Hal pertama yang dapat kamu lakukan sebelum membersihkan, campur air dan blau ke dalam sebuah wadah sampai merata. Kemudian kamu harus pastikan blok mesin sudah terbebas dari oli atau kotoran yang menempel lainnya. Jika masih kotor, basuh saja pakai air bersih. Jangan lupa untuk mengelapnya sampai benar-benar kering.

Usai seluruh bagian blok mesin kamu terlihat bebas dari kotoran, maka langkah selanjutnya oleskan campuran air dan blau ke bagian blok mesin motor. Lakukan hal ini secara merata ke bagian yang menurut kamu tampak kusam. Bisa juga oleskan ke seluruh blok mesin.

Sikat dengan Kuas

Setelah kamu mengoleskan campuran air dan blau secara merata ke seluruh bagian blok mesin , segera seluruh bagian dengan menggunakan kuas. Jangan lupa sikat komponen tersebut hingga ke bagian sudut. Tujuannya tidak lain agar bisa bersih merata.

Jangan ragu untuk sikat secara berulang-ulang bagian blok mesin milik kamu, sehingga lapisan blau tampak terlihat tebal. kemudian diamkan selama satu sampai dua hari tanpa membilas.

Tenang saja, meskipun campuran blau dan air masih menempel kamu tetap dapat menggunakan motor seperti kebiasaanmu sehari-hari kok. Jadi, jangan jadikan campuran air dan blau yang menempel pada blok mesin mengganggu aktivitas. Kekurangannya, tampilan mesin motor kamu bakal berbeda dari biasanya, penuh dengan warna biru.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Bersihkan dengan Campuran Air dan Deterjen 

Setelah satu atau dua hari berlalu, maka kamu dapat membilas lapisan air dan blau yang sudah mengering tersebut. Bersihkan dengan menggunakan campuran air yang sudah dicampur deterjen.

Coba perhatikan dengan seksama blok mesin milik kamu, pasti berubah kinclong seperti baru. Kerak-kerak membandel yang tadi menempel sudah hilang karena blau seharga tidak sampai Rp5 ribu.

Itulah cara paling mudah dalam menjadikan blok mesin jadi kinclong kembali seperti baru dengan modal yang sangat minim. Nah, sekarang tinggal kamu terapkan trik tersebut ke motor kesayangan. Berani?

Sumber: review.bukalapak.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Memaksimalkan Komunikasi dalam Content Creation Bersama Dimas Djayadiningrat
Artikel Selanjutnya
Ingin Tampil Cantik di Pernikahan Sahabat? Yuk Ikuti Tips Makeup Berikut Ini