Sukses

3 Cara Murah Mempercantik Tampilan Pelek Motor

Liputan6.com, Jakarta - Pelek memberikan kontribusi yang besar terhadap tampilan sepeda motor. Memang dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membeli pelek baru.

Namun, untuk mengganti tampilan pelek motor tidak selalu harus ganti dengan yang baru. Ada cara lain dan tidak perlu bujet besar. Penasaran? Simak bahasan berikut:

1. Cat Ulang Pelek Motor Kamu

Warna pelek yang berbeda, pasti langsung membuat tampilan motor kamu tampak lain. Supaya warnanya berubah, kamu bisa mengecatnya. Jika mampu melakukan secara mandiri, di Bukalapak banyak tersedia pilihan cat semprot untuk pelek alloy (pelek racing). Bahkan ada beberapa pelapak yang menawarkan paket, mulai dari cat dasar, pelapis sampai pernisnya dengan harga sekitar Rp80 ribuan.

Kemudian, pelek motor tidak langsung dicat begitu saja. Kamu perlu lepaskan pelek dari ban, lalu cuci bersih dengan sabut. Sehabis kering, pelek harus diamplas sampai cat lama terkelupas. Setelah itu bersihkan lagi sampai tidak ada kotoran yang menempel. Barulah setelah itu pelek disemprot dengan cat.

Bila kamu merasa terlalu rumit untuk mengecat ulang pelek motor secara mandiri, kamu dapat melakukan cat ulang pelek motor di bengkel-bengkel terdekat. Harganya cukup bervariasi, tapi yang paling terjangkau sekitar Rp300 ribuan untuk sepasang pelek motor skutik berukuran 14 inci.

Soal pilihan warna cat, saat ini trennya mengarah ke bronze. Beberapa pabrikan motor bahkan sudah langsung mengaplikasikan ke kuda besi baru seperti: Yamaha Nmax, Honda Vario 150, Kawasaki Z250 dan lain-lain.

Harga cat pelek motor jauh lebih murah, apalagi dibandingkan harga pelek alloy aftermarket yang mencapai di atas Rp1 jutaan. Misalnya Pelek merek Racing Boy untuk Honda Beat di Bukalapak bisa Rp1.3 jutaan. Ada pula Pelek Power yang dijual Rp1.2 jutaan.

 

 

 

2 dari 3 halaman

2. Kasih Stiker di Pelek Motor

Jika ternyata harga cat motor buat kamu masih terlalu mahal, ada satu cara lain yang lebih terjangkau yaitu pasang stiker. Dengan melekatnya stiker di pelek motor kamu, pasti tampilannya bakal berbeda. Di Bukalapak banyak sekali pelapak yang jual stiker ini. Harganya mulai dari 50 ribuan untuk sepasang pelek.

Opsi warna stikernya pun bervariasi, mulai dari hijau, biru, merah dan lain-lain. Begitu pula dengan pilihan desainnya. Setelah berhasil membeli stiker pelek motor, kamu pastikan bisa memasangnya dengan tepat. Bila tidak yakin, sebaiknya serahkan ke teknisi bengkel motor terdekat.

Di bengkel-bengkel resmi pabrikan motor, banyak pula yang menjual stiker pelek. Mereka biasanya menawarkan stiker sekaligus dengan jasa pemasangannya.

3. Ganti Pelek Bekas Pakai 

Opsi terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bujet adalah ganti dengan pelek bekas pakai. Harganya pasti jauh lebih miring dibanding pelek aftermarket baru. Bukan tidak mungkin, kamu bakal dapat banderol setengahnya.

Hanya saja yang harus diperhatikan dari membeli pelek aftermarket bekas pakai, perhatikan baik-baik kualitasnya. Jangan sampai kamu mendapat pelek motor yang sudah cacat. Kalau itu terjadi, sudah uang melayang, pelek kesukaan juga tidak didapat.

Cara mengecek pelek bekas masih berkualitas, dengan cara melihatnya secara langsung tiap-tiap sisi. Pastikan pelek harus dalam keadaan bulat sempurna, tidak peang. Kemudian catnya juga pilih yang tidak terkelupas. Bila kamu hendak membeli pelek bekas jenis jari-jari, pastikan tiap jari-jarinya lurus sempurna.

Setelah membaca tulisan di atas, opsi hemat bujet mana yang bakal kamu pilih untuk mengganti pelek motor.

Sumber: review.bukalapak.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pintu Tak Kencang, Bocah Terlempar dari Mobil

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Dry Shampoo Jadi Solusi Tepat Bagi Kamu Wanita Ingin Serba Cepat
Artikel Selanjutnya
Dian Sastro Berbagi Kiat Hemat Belanja Saat Harbolnas