Sukses

Honda HR-V Listrik Resmi Diperkenalkan, Begini Spesifikasinya

Honda memperkenalkan Everus VE-1 di Guangzhou Auto Show 2018.

Liputan6.com, Guangzhou - Perkembangan kendaraan listrik di Cina tumbuh subur, sehingga banyak produsen berdatangan ke Cina untuk mengembangkan mobil listrik (EV), bahkan menggandeng produsen lokal. 

Selain memangkas biaya riset yang besar, kolaborasi juga bisa mempercepat pengembangan mobil. Enaknya, Pemerintah Cina mengeluarkan peraturan dan insentif, bagi pembuat mobil yang mempercepat elektrifikasi mereka.

Hal ini menyebabkan Cina mendapatkan banyak EV baru, yang tidak ada di tempat lain. Honda, misalnya, memperkenalkan Everus VE-1 di Guangzhou Auto Show 2018. Kilas balik pada April lalu. Sebetulnya Honda meluncurkan konsep crossover elektrik berdasarkan model HR-V. Sekarang, pabrikan Jepang ini bermitra dengan China GAC Group. Mereka kerja bareng untuk merealisasikan versi produksi massal buat pasar Cina.

Versi produksi tetap pakai platform, yang dipastikan sama dengan Honda HR-V. Ia memiliki panjang 4.308 mm, lebar 1.824 mm dan panjang 1.625 mm. Kemudian wheelbase 2.610 mm dan dilengkapi pelek berukuran 17 inci dengan jari-jari yang agak rapat.

Namun, ada adaptasi styling sebagai aksentuasi mobil listrik. Misal lampu depan LED plus sentuhan kelir biru pada bagian bodi. Atap mobil diguyur warna hitam. Body kit dan fascia berubah, yang bisa membuat Anda pangling. Lebih rupawan ketimbang HR-V reguler.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Mobil listrik ini menggunakan baterai berdaya 53,6-kWh. Saat baterai terisi penuh, ia memiliki daya jelajah sekitar 340 km (211 mil) pada siklus uji NEDC. Sementara motor listriknya berkekuatan 120 kW. Menurut pabrikan, tenaganya setara dengan mobil konvensional yang mengembuskan 163 Tk dan menghasilkan torsi 280 Nm. Mobil menawarkan tiga mode berkendara yang berbeda, berdasarkan preferensi dan kondisi jalan: Normal, Battery Saver, dan Sport.

Sekadar info tambahan, Honda dan GAC menggabungkan investasi 3,27 miliar yuan (sekitar Rp 6,88 triliun) untuk membangun pabrik mobil baru di Cina. Pabrik dikatakan mampu menghasilkan 170.000 unit plug-in hybrid dan mobil listrik saban tahun. Kompak SUV macam GAC Trumpchi GS4 juga akan diproduksi oleh Honda, di fasilitas baru bersama HR-V elektrik.

Produksi diperkirakan dimulai pada akhir tahun. Kelak, seiring peningkatan penjualan, Honda berencana memakai jaringan dealer resmi. Tentunya untuk menjual dan memberi pelayanan pada konsumen mobil listrik. Namun dalam waktu dekat, HR-V elektrik dijual di diler Honda yang dioperasikan oleh GAC Cina.

Perusahaan ini pula, dikabarkan sedang mengerjakan mobil berbasis listrik yang terjangkau. Honda menggandeng salah satu pembuat baterai terbesar di Cina. Mobil baru itu dilaporkan bakal mendebut dan menjadi produk global. Kita tunggu saja kehadirannya.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.