Sukses

Harga Mobil Listrik VW Akan Setara Toyota Innova

Sampai saat ini salah satu kendala untuk beralih ke mobil listrik adalah harganya yang mahal. Namun, Volkswagen sepertinya akan menghilangkan anggapan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sampai saat ini salah satu kendala untuk beralih ke mobil listrik adalah harganya yang mahal. Namun, Volkswagen sepertinya akan menghilangkan anggapan tersebut.

Mengutip dari Carscoops.com, Volkswagen ingin harga mobil listrik termurahnya tak lebih dari EUR20.000 atau sekitar Rp333 jutaan (Kurs EUR1 = Rp16.659). Dengan kata lain, mobil ini tak lebih mahal jika dibandingkan dengan Toyota Innova yang dibanderol Rp305-460 jutaan.

Kabarnya, proyek mobil listrik murah ini baru akan dimatangkan pada pertengahan November 2018 ini. Rencananya, mereka akan memproduksi produk perkenalan sebanyak 200.000 unit.

Meski demikian, telah ada beberapa pabrikan yang telah memproduksi mobil listrik dengan banderol di bawah rencana VW. Sebelumnya, telah dirilis Chevrolet Bolt dan Nissan Leaf yang masing-masing dibanderol USD10.000 dan USD7.350 atau sekitar Rp148 jutaan dan Rp108 jutaan.

Saat ini, pabrikan asal Jerman tersebut tengah berfokus untuk menghidupkan kembali VW Kombi. Kini, mobil van legendaris tersebut akan bernama I.D. Buzz dan tentunya bertenaga listrik. Selain itu, ada juga mobil crossover I.D. Crozz SUV dan citycar I.D. Hatchback.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Listrik ID Vizzion, Penebus Dosa Volkswagen

Sejak tersandung skandal Dieselgate, Volkswagen sedang berusaha mati-matian untuk memulihkan nama baiknya. Pada awal 2017, Volkswagen memperkenalkan deretan mobil listrik I.D.Buzz, setelah itu SUV listrik I.D. Crozz. Kini Volkswagen sedang mempersiapkan I.D. Vizzion.

I.D. Vizzion bukan saja mobil listrik, Volkswagen mengklaim mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi nirsopir sepenuhnya. Mobil konsep tersebut diklaim sebagai mobil saloon premium dengan panjang dimensi 5,11 meter. Dilansir Autoevolution, spesifikasinya cukup mengejutkan seperti I.D. lainnya.

 

Mobil listrik ini mengadopsi baterai berspesifikasi 111 kWh lithium-ion menjadi sumber tenaga dua motor elektrik. Jarak tempuhnya mencapai 665 km dengan kecepatan puncak 180 km/jam.

Hebatnya, I.D. Vizzion diklaim memiliki kemampuan berkendara nirsopir Level 5. Sebagai perbandingan, mobil tercanggih saat ini berada di tingkatan nirsopir Level 3. Pada bagian interior I.D. Vizzion juga tidak dilengkapi dengan lingkar kemudi maupun alat pengendali lainnya. Fitur canggih lainnya adalah pendamping virtual yang bisa diajak berbincang-bincang selama perjalanannya.

I.D. Vizzion akan diperlihatkan Maret mendatang di Geneva Motor Show. Dikabarkan mobil konsep tersebut mulai diproduksi pada 2020 mendatang, setelah Crozz dan Buzz diproduksi. Rencana besarnya, pada 2025 mendatang Volkswagen memiliki 20 model mobil listrik.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.