Sukses

Husqvarna Siapkan Motor Listrik Khusus Petualang

Pabrikan sepeda motor asal Swedia, Husqvarna, coba mengikuti tren motor listrik. Kreasi perdana mereka ditampilkan di pameran EICMA 2018.

Liputan6.com, Milan - Husqvarna memanfaatkan ajang EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) 2018 untuk memamerkan motor listrik pertamanya.

Husqvarna EE 5, produk motor listrik pertama dari Husqvarna. Wujudnya tak seperti model lain kreasi manufaktur. EE punya bodi yang mungil dan menargetkan pengendara pemula.

Desain EE 5 dikategorikan sebagai classic dirt atau trail, yang bisa dinilai langsung saat melihat bentuknya. Dikatakan, tak cuma bentuk belaka, bekal spesifikasi sudah siap turun di lintasan balap. Itu lantaran EE 5 dibekali ban siap off road, suspensi besar, bodi penutup minim, pelindung lumpur dan mesin yang terpapar jelas. Tak disediakan lampu sama sekali pada EE 5, sehingga motor listrik ini memang diperuntukkan bagi yang ingin bermain tanah tanpa harus mengkhawatirkan soal bahan bakar.

Mesin yang terpasang merupakan motor elektrik dengan daya 6,7 Tk dan disokong baterai lithium ion 907 Wh. Diklaim ada sistem quick charging atau pengisian daya instan, namun tak dijelaskan lengkap seberapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai. Spesifikasi lain, sasis canggih dengan teknologi siap balap, suspensi berlabel WP, jok yang bisa diatur ketinggiannya dan tersedia enam pilihan mode berkendara.

Meski terlihat mungil dan tenaganya tidak terlalu besar, jangan salah menilai. Husqvarna EE 5 tetap bisa digunakan untuk bersenang-senang sebagai kendaraan roda dua. Apalagi, ini bukan motor konsep belaka yang kerap tak diwujudkan. Artinya, EE 5 bakal langsung masuk jalur produksi dan dipasarkan. Bagi yang ingin memilikinya, manufaktur mengatakan EE 5 bakal tersedia mulai musim panas tahun depan. Husqvarna EE 5 sendiri bukan motor listrik pertama yang mengusung desain bergaya trail. Sebelumnya ada Yamaha TY-E dan produk dari Viar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain dari motor listrik EE 5, Husqvarna juga membawa jagoan lain di EICMA. Ada versi produksi dari Svartpilen 701 dan konsep baru Vitpilen 701 Aero. Konsep motor sport fairing Vitpilen 701 Aero, menggunakan mesin satu silinder, diklaim sebagai yang paling canggih di kelasnya. Dua produk baru itu, bersama dengan EE 5, melengkapi lantai booth Husqvarna di EICMA beserta lini lengkap model lain termasuk motorcross atau trail, supermoto dan enduro.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.