Sukses

Mengatur Suhu AC Mobil Saat Nyetir Malam Itu Penting Loh

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengendara mobil, kenyamanan di dalam kabin selama perjalanan salah satunya ditentukan dari sistem pendingin atau AC (air conditioner). Penggunaan AC mampu meredam suhu panas di luar saat siang hari.

Namun, ketika berkendara di malam hari, mengatur suhu AC di mobil menjadi penting. Dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, ini alasan pentingnya mengatur AC di mobil:

1) Berisiko Membuat Pengemudi Mengantuk

Pemakaian AC saat malam hari, bisa membuat pengemudi rentan diserang kantuk. Kenapa bisa timbul rasa kantuk?

Karena suhu dingin bisa memicu pembuluh darah menyempit. Artinya, asupan oksigen untuk bisa membuat otak bekerja juga akan sedikit sehingga tubuh akan merasa mengantuk.

Karena itulah, sebaiknya suhu AC juga harus dijaga supaya tidak terlalu dingin. Aturlah supaya tetap nyaman berada di kabin mobil selama perjalanan di malam hari, tapi tidak membuat pengemudi merasa mengantuk.

2) Pakai Pakaian yang Nyaman

Tidak kalah penting untuk diperhatikan, adalah pakaian yang dikenakan ketika melakukan perjalanan. Pakaian ini berpengaruh pada tingkat dehidrasi pengemudi selama perjalanan.

Pilihlah pakaian yang nyaman, yang tidak tertutup sekali tapi juga tidak terlalu tipis.

Pakailah pakaian lengan panjang dan celana panjang, dan pilih yang tidak terlalu tebal. Pakaian tersebut bisa menahan dingin, tapi juga

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3) Sempatkan Beristirahat Saat Perjalanan Jauh di Malam Hari

Selain itu, agar perjalanan malam dengan jarak jauh aman, Anda harus sesekali beristirahat. Berikan interval perjalanan 3-4 jam sekali untuk beristirahat.

Saat beristirahat, anda bisa tidur sebentar atau kalau memang sedang buru-buru bisa meregangkan tubuh sekitar 15 menit. Hal ini penting supaya bisa melancarkan aliran darah sehingga tidak mengantuk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.