Sukses

Membandingkan Kemampuan Suzuki Baleno, Honda Jazz, dan Toyota Yaris

Perkembangan pasar citycar saat ini memang tidak segencar segmen lainnya di Indonesia. Hanya saja, mobil yang cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian ini memiliki penggemarnya tersendiri

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan pasar citycar saat ini memang tidak segencar segmen lainnya di Indonesia. Hanya saja, mobil yang cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian ini memiliki penggemarnya tersendiri.Alasannya tak lain karena desainnya yang menarik dan segudang fitur yang memberikan kenyamanan bagi si pengendara.

Meski ditujukan sebagai transportasi perkotaan, citycar juga memiliki kemampuan untuk menjelajah jauh. Berikut 3 citycar yang dapat menjadi pilihan konsumen yang dirangkum Otosia beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Suzuki Baleno

Sebagai mobil hatchback, harga yang ditawarkan cukup kompetitif bahkan sedikit berada di bawah pesaingnya, yaitu Rp 199,5 juta hingga Rp 212 juta. Suzuki Baleno mengusung mesin VVT DOHC berkode mesin yang sama dengan Ertiga facelift, yakni K14B berkapasitas 1,4L. Di mana mampu menghasilkan tenaga 91 hp pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm dengan dua pilihan transmisi AT dan MT.

Teknologi yang disematkan juga sudah cukup mumpuni dan membantu pengendara seperti keyless entry, sehingga konsumen bisa langsung membuka pintu tanpa harus kesulitan menekan tombol kunci terlebih dahulu. Tentunya fitur tersebut dipadukan start/stop button untuk menyalakan mesin mobil tanpa harus memutar kunci lagi.

Dari sisi kenyamanan pengemudi, joknya memiliki height adjuster, selain sistem reclining. Bahkan, ada sandaran lengan di sisi kiri jok pengemudi. Yang menarik, dengan harga segitu Suzuki Baleno memiliki AC yang bisa dioperasikan dengan tombol dan ditampilkan di layar digital sehingga tampilannya mewah.

Sedangkan dari sisi fungsionalitas lainnya, Baleno memiliki ruang penyimpanan melimpah, ada banyak tempat untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti koin, botol, sampai majalah. Bagasinya sendiri berkapasitas 355 liter dan bisa diperluas lagi. Fitur keselamatannya terbilang cukup mumpuni meski tak ada pengontrol stabilitas kendaraan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Toyota Yaris

Citycar satu ini bisa menjadi pilihan menarik. Soalnya tak hanya dilengkapi fitur yang cukup lengkap, namun juga perangkat keselamatan yang mumpuni. Ya, Yaris terbaru kini memiliki airbags sebanyak 7 buah yang terfokus di baris depan.

Adapun banderol Toyota New Yaris yaitu mulai dari Rp 235,4 juta hingga Rp 275,9 juta. Di mana tersedia dalam pilihan CVT dan manual. New Yaris masih menggunakan mesin 2NR-FE 1,5L dengan keluaran tenaga 105 Tk dan torsi 140 Nm. Yang menarik untuk varian TRD Sportivo dilengkapi pilihan Sport/Eco Mode. Di samping itu, TRD Sportivo dengan transmisi CVT dilengkapi paddle shift.

Fungsionalitas Yaris cukup mumpuni dengan kapasitas bagasi 441 liter. Tak hanya itu fitur seperti keyless entry dan start/stop button sudah disematkan. Tampilan komponen di daahboard-nya seperti tombol AC sudah digital, sehingga semakin mendukung kesan mewah interiornya.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Honda Jazz

Mobil satu ini cukup populer menjadi pilihan konsumen. Dibanderol Rp 236 juta hingga Rp 276 juta, Jazz punya tampilan yang cukup menarik. Namun, dibalik tampilannya itu Jazz memiliki kekurangan yaitu dari fitur keselamatannya. Tak seperti Yaris, Jazz tidak memiliki vehicle stability assist dan hill start assist, padahal harga yang ditawarkan tak berbeda jauh. Meski begitu varian tertinggi Jazz sudah memiliki paddle shift dan cruise control.

Salah satu kelebihan dari Jazz sendiri terletak pada kekuatan mesinnya. Mobil yang mengusung mesin 1,5L ini mampu menghasilkan tenaga paling besar di kelasnya yaitu 118 Tk dan torsi puncak 145 Nm. Dimana untuk menyalakan mesin tersebut pengendara sudah disediakan start/stop button.

Selain itu, sisi fungsionalitasnya cukup menarik. Bagasinya bisa dikonfigurasi bahkan hingga baris depan. Di mana jok depan dapat direbahkan hingga cukup datar memungkinkan barang dengan dimensi cukup panjang seperti surf board masuk. Hal tersebut juga mengakomodasi pengemudi ketika ingin beristirahat alias rebahan dengan posisi yang sangat nyaman. 

Reporter : Hafid

Sumber : Otosia.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.