Sukses

Knalpot Motor 4-Tak Ngebul, Kenali Penyebabnya

Jika motor 2-tak ngebul, mungkin memang lumrah. Tapi kalau motor 4-tak sampai mengeluarkan asap dari knalpot, ada beberapa komponen yang harus Anda cek

Liputan6.com, Jakarta - Anda kerap melihat motor 2-Tak mengeluarkan asap pada knalpot? Tentu itu tidak asing lagi. Namun, jika hal itu terjadi pada knalpot motor 4-Tak, bisa jadi ada beberapa komponen yang bermasalah.

Motor yang mengeluarkan asap putih, biasanya disebabkan karena ada oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar.

Kondisi ini tentu tidaklah normal karena pembakaran pada mesin motor 4-Tak hanya memerlukan udara, bensin, dan percikan api.

Kalau ada oli masuk ke dalam ruang bakar, maka gas sisa pembakaran akan mengandung banyak emisi. Piston bisa jadi salah satu penyebab motor mengeluarkan asap putih di knalpot.

Jika asap yang keluar berwarna hitam, itu menandakan proses pembakaran bahan bakar di mesin tidak berjalan baik karena lebih banyak bensin yang masuk dibanding udara, Anda bisa mengatasi ini dengan cara menyetel ulang electronic control unit (ECU).

Pemilik bengkel Bontot Motor di kawasan Kamal, Jakarta Barat, Ahmad Sayuti, mengatakan bahwa dari komponen mesin 4-Tak, jika ring seher atau seal klep masih bagus oli tidak mungkin menyembur ke ruang bakar sampai ke knalpot.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Olinya sih enggak mungkin bocor (netes). Paling knalpotnya nembak-nembak dan yang ada pasti ngebul kalau sudah begitu," kata pria yang akrab disapa Bontot saat dihubungi, beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan agar pengendara bisa memperhatikan seal klep. Bagian ini bisa membuat motor Anda ngebul.

"Kalau seal klep keras, oli yang ada di silinder akan turun dan masuk ke ruang pembakaran. Klep yang bocor atau enggak rata bisa bikin knalpot ngebul," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.