Sukses

Jangan Lupa, Setelah Mudik Lebaran Periksa Komponen Mobil di Akhir Pekan

Agar kondisi mobil kesayangan kembali prima dan siap kembali untuk beraktivitas, ada beberapa aspek teknis mesti diperiksa lebih dulu.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan mudik Lebaran beberapa waktu lalu, pemilik mobil biasanya langsung berkutat dengan aktivitas rutin. Biasanya karena kesibukan itu, pemilik mobil belum sempat servis atau memeriksa mobil kesayangan.

Padahal, selama perjalanan mudik atau balik, pasti menempuh jarak yang cukup jauh, dengan membawa beban berat. Bisa dibayangkan, bagaimana lelahnya mobil saat tiba di rumah, dan harus digunakan kembali untuk beraktivitas sehari-hari.

Dalam rilis Auto2000, yang diterima Liputan6.com, agar kondisi mobil Toyota kesayangan kembali prima dan siap kembali untuk beraktivitas, ada beberapa aspek teknis mesti diperiksa lebih dulu.

Seperti cairan kendaraan yang berada di dalam kap mesin. Amati volume dari oli mesin dan transmisi, minyak rem, minyak kopling untuk mobil manual, minyak power steering, air aki, dan air wiper. Isi kembali kalau berkurang, dan pastikan tidak ada kebocoran di sistem.

Bagian lain yang wajib untuk dicek adalah ban, sebagai tumpuan mobil saat berjalan. Apalagi, jika melihat beban yang harus dipikul saat mudik kemarin.

Cek tekanan angin dan perhatikan, apakah ada perubahan bentuk fisik. Kemudian, lakukan pengecekan kondisi kolong mobil, seperti sistem suspensi, sistem kemudi, dan sistem rem. Pastikan tidak ada kebocoran dan komponen mekanis masih dalam kondisi baik.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lanjut ke bagian mesin, sejumlah mobil seperti Toyota Vios dan Toyota Kijang Innova sudah dikendalikan secara elektronis, ada perlakuan khusus untuknya. Cara paling mudah untuk mendeteksi potensi masalah, adalah dengan melihat indikator di panel instrumen ketika kunci kontak di posisi on.

Bila tidak ada masalah, bisa dilanjutkan dengan menyalakan mesin kendaraan. Kalau Anda merasa kurang nyaman dengan bunyi mesin atau merasa ada potensi masalah, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk pemeriksaan lebih menyeluruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.