Sukses

Mengecat Mobil Sendiri, Kenapa Tidak? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Sudah jadi hal biasa jika cat bodi mobil akan kusam seiring berjalannya waktu dan pemakaian. Karena itu, cara merawat bodi mobil agar tetap mengkilap yaitu dengan rajin ke bengkel atau salon mobil.

Namun demikian, tak semua pemilik mobil sadar akan hal itu. Sebaliknya, mereka akan menyadari mobilnya menjadi kusam jika di jalanan atau parkiran, karena melihat mobil-mobil terbaru terlihat ngejreng.

 

Tentu saja agar tampilan warna bodi kembali bergairah perlu dilakukan pengecatan ulang. Hanya saja, pada umumnya, mengecat mobil dilakukan oleh para tenaga ahli yang telah profesional dalam bidangnya.

Namun begitu, jika dipelajari dengan benar,  orang awam juga bisa melakukan pengecatan mobil dengan baik dan hasil yang sempurna.

Karena itu, situs Daihatsu kali ini memberikan wejangan, bagaimana mengecat mobil dan mempraktekkannya secara langsung pada kendaraan Anda. Mau tahu caranya, lihat di bawah ini:

2 dari 4 halaman

Tahap Awal Sebelum Pengecatan

Sebelum melakukan pengecatan, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

1. Mengampelas bagian yang akan di cat secara merata. Pilih ampelas dengan ukuran 1500.

2. Cuci dengan air bersih pada bagian yang akan anda cat, lalu keringkan dengan kain. Diamkan di bawah sinar matahari hingga air benar-benar kering.

3. Siapkan Epoxy lalu semprotkan pada bagian yang akan dicat.

4. Gosok permukaan mobil dengan ampelas berukuran 2000. Lakukan hingga permukannya rata.

5. Cuci bagian mobil yang telah diampelas lalu keringkan. Gunakan kain yang lembut seperti halnya kain katun untuk membersihkan mobil.

6. Agar hasil pengecatan terlihat baik dan sempurna, sebaiknya menggunakan warna putih atau abu-abu untuk memulai pengecatan dasar. Lakukan di area terbuka sehingga sinar matahari dapat langsung mengenai mobil.

Hindarkan pula mobil dari debu yang membuat warna dasar pengecatan menjadi tidak rapi.

7. Tunggu selama kurang lebih dua jam hingga cat dasar menjadi kering dan ampelas lagi agar hasilnya maksimal. Untuk pengampelasan, bisa melakukannya dengan tipis-tipis agar warna dasar dari cat menjadi lebih rata.   

 

3 dari 4 halaman

Tahap Pengecatan

Selanjutnya, ikut langkah-langkah sebagai berikut:

1. Campurkan cat menggunakan tinner. Jangan terlalu encer ataupun kental.

2. Jika yang digunakan adalah jenis cat yang kental, ada baiknya anda mencampur cat dan tiner 1:2 atau 1 liter untuk cat dan 2 liter untuk tiner.

Namun jika menggunakan jenis cat yang encer, Anda bisa menggunakan campuran tiner 1:1 dengan cat. Hal ini dilakukan agar tercipta warna yang cantik dan bagus

3. Jika langkah di atas sudah selesai, maka pengecatan bisa dimulai. Dalam proses pengecatan, sebaiknya lakukan satu kali penarikan spot cat untuk menghindari cat yang terlalu tebal.

Lakukan pengecatan secara merata dan jangan melompat-lompat. Kecuali jika Anda tidak keberatan dengan hasil yang buruk.

4. Saat pengecatan telah selesai, lakukan pengeringan hingga cat benar-benar kering.

 

4 dari 4 halaman

Tahapan Terakhir

Setelah cat benar-benar kering, Anda bisa memulai tahap varnish. Hal ini dilakukan agar hasil yang didapatkan bagus dan tentunya lebih awet warna catnya.

Memulai proses varnish sendiri, bisa dilakukan dengan cara mencampur varnish dengan komponen hardener. Penyemprotan dilakukan secara merata dan jangan melompat-lompat.

Selanjutnya Anda tinggal mengeringkannya hingga benar-benar kering, lalu lakukan proses pemolesan agar mobil terlihat mengkilat layaknya mobil baru.

 

Loading