Sukses

Diam-Diam, Suzuki Siapkan GSX-R300 untuk Lawan Ninja 250 dan CBR250RR

Sampai saat ini Suzuki tidak menjual GSX-250R di Indonesia. Pasalnya motor tersebut dianggap kurang kompetitif dan kalah bersaing dengan kompetitor.

Liputan6.com, Jakarta - Sampai saat ini Suzuki tidak menjual GSX-250R di Indonesia. Pasalnya motor tersebut dianggap kurang kompetitif dan kalah bersaing dengan kompetitor.

Agar bisa bersaing, diam-diam pabrikan berlambang S tengah menyiapkan motor sport full fairing anyar bernama GSX-R300. Kuda besi ini diplot untuk benar-benar jadi pembunuh Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR.

Lewat gambar yang tersebar di dunia maya, jantung mekanis GSX-R300 punya konfigurasi dua silinder generasi terbaru. Depot dayanya sudah mengadopsi teknologi DOHC serta pendingin cairan. "Kemungkinan mesinnya berbagi dimensi internal GSX-R150. Dengan menggandakannya jadi dua silinder, Suzuki mendapatkan motor berperforma kompetitif," seperti dikutip dari laman asal Inggris, Bennetts.co.uk.

Sehebat apa performanya? Masih belum ada informasi jelas. Bila ingin melawan CBR250RR dan Ninja 250, tentu harus sanggup menghasilkan torsi lebih baik dari 23 Nm dan tenaga maksimal di atas 39 PS. Performa hebat inilah yang tidak dipunya GSX-R250. Terutama dari sisi daya maksimal, cuma sanggup melontarkan 25 PS pada 8.000 rpm. Berarti masih kurang 14 PS lagi dibanding rival. Inilah yang coba ditutupi GSX-R300.

Kelebihan lain dari GSX-R300, sudah dilengkapi rangka apik dengan gaya teralis, mirip CBR250RR. Suspensi depannya pakai upside down, diklaim lebih stabil untuk diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi. Di buritan, lengan ayun aluminium kemungkinan dikombinasi suspensi belakang monoshock.

Dalam hal desain, bentuknya tidak jauh beda dengan GSX-R150. Pakai stang jepit, jok terpisah antara pengendara dan penumpang, pelek 10-palang khas motor sport Suzuki dan lampu depan tunggal. Terkait peluncuran, bocoran yang didapat sekitar akhir 2018. Apakah diproduksi di tanah air? Belum ada kabar jelas. "Suzuki bisa jadi memperkenalkannya di EICMA tahun ini dan mulai dipasarkan pada tahun depan," sebut laman autondtv.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bila masuk Indonesia, kemungkinan besar kapasitas mesin GSX-R300 disunat jadi 250 cc. Tujuannya agar tidak terkena pajak lebih besar dan harganya bisa kompetitif dengan para rival. Selain versi full fairing, Suzuki juga menyiapkan desain telanjangnya lewat GSX-S300. Nantinya motor naked sport itu siap bertarung dengan Yamaha MT25 dan Kawasaki Z250 di tanah air. 

Penulis : Lodra

Sumber : Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.