Sukses

Cara Mudah Kenali Akrapovic Asli Supaya Enggak Kena Tipu

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor kini sudah tidak lagi menjadi alat transportasi semata. Kendaraan roda dua ini kini menjelma sebagai alat untuk menunjang gaya hidup.

Tak heran sepeda motor keluaran terbaru memiliki desain menawan, berteknologi canggih dan tak sedikit orang rela merogoh kocek cukup dalam untuk memiliki motor dengan kapasitas mesin lebih besar dan berbanderol tinggi.

Seiring dengan tingginya minat masyarakat pada sepeda motor, permintaan produk aftermarket pun ikut meningkat. Salah satu produk yang banyak dicari adalah knalpot.

Budiman Terianto, pemilik Sphinx Motorsport (distributor resmi knalpot Akrapovic) menyebut, tren knalpot aftermarket di Indonesia sedang pertumbuhan. Salah satu pemicunya adalah banyaknya pengguna sepeda motor yang beralih ke motor 250cc ke atas.

Menurutnya, Kawasaki Ninja 250 menjadi salah satu motor yang paling diminati di Indonesia. untuk itu pihaknya menghadirkan produk yang ditujukan khusus untuk motor sport 250cc tersebut, terlebih lagi saat ini ada model barunya.

"New Kawasaki Ninja 250 adalah produk sepeda motors sport premium, sehingga sangat tepat jika dilengkapi dengan knalpot dari brand premium seperti Akrapovic," terang Budiman saat ditemui di arena IIMS 2018.

Produk yang dihadirkan adalah Carbon (Slip-on) dan Titanium. Keduanya ditawarkan dengan harga Rp 7,8 juta dan Rp 9,1 juta. Sementara header optional dibanderol Rp 5,6 juta.

 

2 dari 3 halaman

Knalpot Yamaha TMax

Selain untuk New Kawasaki Ninja 250, Sphinx Motorsport juga memperkenalkan knalpot untuk Skutik Maxi Yamaha TMAX DX 530 berbahan Titanium seharga Rp 18,2 juta untuk full system.

Menariknya, knalpot Akrapovic untuk Yamaha Tmax DX ini sudah dites langsung oleh pihak Akrapovic dan Yamaha Eropa. Dengan begitu, pengaplikasian knalpot ini dijamin tidak menggugurkan garansi.

"Knalpot ini plug and play, dan jangan takut kalau ganti knalpot ini maka garansinya akan hangus, karena bila pemasangan di flagship Yamaha masih tetap garansinya,” ujar Budiman.

Sekadar informasi, selain untuk kedua varian motor tersebut, Akrapovic juga menampilkan produk-produk knalpot untuk BMW G310R/GS, BMW 1200R, Ninja 250 2018, Xmax 250, Vespa GTS 150, Vespa Primavera 150, MT09 dan Ducati Panigale 1189R 2014.

 

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Knalpot Asli

Tak bisa dipungkiri, nama besar Akrapovic banyak dimanfaatkan oknum tertentu untuk meraup keuntungan sendiri dengan cara memalsukannya. Untuk itu, konsumen perlu memperhatikan ciri-ciri Akrapovic asli agar tidak kena tipu.

Menurut Budiman, keaslian knalpot Akrapovic bisa dilihat dari serial number-nya. Kode ini terdapat pada boks dan knalpot itu sendiri.

"Di tiap produk Akrapovic ada serial number. Di boksnya ada dan di knalpotnya dipatri. Di bagian knalpot, serial number ada di bagian flange dan itu kelihatan," jelasnya.

Untuk diketahui, serial number itu ternyata bisa dicek ke Aprapovic pusat. "Ini (serial number) bisa dicek (ke Akrapovic pusat) bahwa produk tersebut asli atau tidak. Mereka tahu itu produk dijual ke mana dan dikirim ke mana, mereka tahu," tutup Budiman.

Artikel Selanjutnya
Ganti Knalpot Racing, Memengaruhi Mesin?
Artikel Selanjutnya
Salah Setting, Knalpot Racing Malah 'Nembak'