Sukses

Knalpot Motor Injeksi Bebas Asap, Mitos atau Fakta?

Sepeda motor berteknologi injeksi sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Sistem injeksi dinilai lebih bersahabat terkait dengan gas buang dan juga bahan bakarnya lebih irit.

Liputan6.com, Jakarta Sepeda motor berteknologi injeksi sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Sistem injeksi dinilai lebih bersahabat terkait dengan gas buang dan juga bahan bakarnya lebih irit.

Namun, ada yang beranggapan bahwa knalpot sepeda motor injeksi tidak akan mengeluarkan asap layaknya motor karburator dan 2-tak. Ternyata, ada pula yang mengalami kasus tersebut meskipun sepeda motornya terhitung masih baru.

Mengutip dari situs resmi Suzuki, setiap kendaraan berpotensi mengeluarkan asap. Hal itu menandakan bahwa terjadi kesalahan pada mesin.

Ada dua faktor yang bisa menyebabkan knalpot motor injeksi ngebul atau juga diistilahkan dengan fogging. Pertama, munculnya asap dari knalpot bisa disebabkan oleh proses pembakaran yang kurang maksimal.

Masalah itu muncul karena bahan bakar yang masuk tidak terbakar sempurna. Bisa jadi, udara pada ruang pembakaran kurang baik. Akibatnya, asap yang muncul cenderung berwarna hitam.

Namun, kadang muncul pula asap berwarna putih. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh naiknya oli mesin sehingga masuk ke ruang pembakaran dan ikut terbakar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, yakni ring piston kering, seal klep aus, piston baret, atau juga celah klep bocor.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ford Buat Knalpot Ramah Tetangga, Seperti Apa?

Ford tidak ingin konsumen mereka mengganggu para tetangga dengan suara mesin yang menggelegar ketika pertama kali dinyalakan dan dipanaskan. Karenanya, mereka menciptakan apa yang disebut dengan Good Neighbor Mode.

Sederhananya, Good Neighbor Mode adalah aplikasi yang memungkinkan mobil, dalam hal ini Mustang GT dan GT350 tidak mengeluarkan suara kasar ketika dinyalakan. Sistem ini memanfaatkan katup di knalpot. Ketika katup tertutup, suara yang keluar lebih "adem".

 

 

Sementara ketika berada di jalanan terbuka, sistem bisa dinonaktifkan. Mesin V8 Mustang pun bisa "bernapas" bebas dan mengeluarkan suara yang sesungguhnya.

"Katup aktif memberikan pemilik Mustang dua hal yang terbaik di dunia - suara mustang klasik, dan kemampuan untuk tidak membangunkan tetangga saat Anda meninggalkan rumah pagi-pagi atau ketika tiba di rumah saat larut malam," ujar Ford Exhaust Development Engineer, Matt Flis.

Sistem ini terpikirkan oleh mantan kepala teknik Ford, Steve von Foerster, setelah bertemu dengan polisi. Pada suatu pagi, dia menyalakan GT3500-nya, Ketika itu ada tetangga yang terbangun. Merasa terganggu, sang tetangga melapor ke polisi.

Meski tidak dikenai tilang, pengalaman itu memberinya inspirasi. Setelah percakapan singkat dengan rekan insinyurnya, Foerster sukses membuat konsep agar knalpot bising bisa tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.