Sukses

Sebelum Beli Honda Jazz Bekas, Kenali Permasalahannya Lebih Dahulu

Honda Jazz merupakan salah satu hatchback populer di Indonesia. Bentuk sporty dan mesin yang resposif jadi alasan banyak orang memilihnya.

Liputan6.com, Jakarta Honda Jazz merupakan salah satu hatchback populer di Indonesia. Bentuk sporty dan mesin yang resposif jadi alasan banyak orang memilihnya.

Namun demikian, belum tentu selalu baik-baik saja selama masa penggunaan. Biasanya, pengguna Honda Jazz akan menemui beberapa masalah umum yang sering menimpa hatchback satu ini.

Dikutip dari situs bengkel Rotary Bintaro, berikut penyebab masalah umum yang sering muncul:

1. Suspensi

Bantingan suspensi Honda Jazz sering dirasa tak seimbang antara bagian depan dan belakang. Hal ini disebabkan karena jarak ulir pada per depan yang cukup jauh dengan per lainnya. Maka tidak heran kalau bantingannya rapat. Untuk mengatasinya, bisa mengganti per dengan jarak yang tepat.

2. Transmisi CVT

Masalah yang terjadi pada transmisi membuat getaran pada Honda Jazz berlebihan saat mulai melaju. Permasalahan transmisi CVT pada Honda Jazz biasanya disebabkan karena penggunaan oli yang tidak sesuai degnan standar Honda.

Kebiasaan menggunakan oli abal-abal akan mempercepat rusaknya bagian transmisi. Jika suatu hari masalah pada transmisi Honda Jazz sudah terdeteksi, harap segera diperbaiki.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Valve Body

Valve body pada Honda Jazz sangat mudah kotor karena pengaruh polusi udara. Bagian ini mudah sekali kotor jika Jazz sudah dibawa bepergian dalam jarak tempuh yang cukup jauh.

Jika suatu saat debu dan kotoran yang ada di valve body sudah mengendap, segera bersihkan mobil agar performanya tetap bagus saat dibawa bepergian.

4. Mesin Bergetar

Kinerja mesin yang terlalu berat membuat mesin mudah bergetar. Akibatnya, tarikan pun akan tersendat pada rpm 1.500 - 3.000 sehingga gerakan jarum rpm jadi tak stabil.

Cara mengatasinya, pertama bersihkan bagian throttle body plus bagian sensor secara menyeluruh hingga tidak ada debu dan kotoran yang menempel. Kedua, reset dan setting ulang bagian ECU matic.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Konsumsi Bahan Bakar

Dari segi penggunaan bahan bakar, Honda Jazz bisa dibilang kurang efisien alias boros bensin. Untuk kondisi jalanan seperti di kota, mobil ini menghabiskan 1 liter bensin untuk jarak tempuh 8-9 km. Sedangkan untuk kondisi jalanan kombinasi, 1 liter bisa digunakan untuk menempuh jarak 10 km saja.

6. Evaporator Tersumbat

Saat mobil dihidupkan bersamaan dengan AC mobil, sering terdengar suara seperti air yang mengalir dari keran di bagian lantai depan kabin. Hal ini disebabkan karena evaporator tersumbat sehingga selang yang dipakai selama pembuangan menjadi tidak lancar.

Untuk mengatasinya, atur jarak antara selang pembuangan air dengan fender kiri supaya terhindar dari risiko penyumbatan kotoran.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.