Sukses

Sebelum Memulai Bisnis Food Truck, Simak Estimasi Biayanya

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis berjualan makanan dengan desain food truck kini tengah menjangkit di sejumlah tempat. Bisnis ini disebut cukup menggiurkan, lantaran pelaku usaha bisa melakukan mobile ke tempat yang diperkirakan ramai pengunjung.

Lain halnya dengan pembelian atau membayar sewa ruko atau tempat di mal, di mana biaya yang dikeluarkan bisa lebih mahal.

Setidaknya, jika Anda berniat membuka bisnis food truck, maka dealer mobil Toyota, Auto2000 memberikan solusinya. Menurut Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI II, Ardian Nur salah satu unit yang ditawarkan untuk food truck adalah Toyota Dyna.

Kata dia, pembelian Toyota Dyna yang di-bundling dengan paket waralaba, karoseri serta penawaran leasing, asuransi, dan trade in.

“Salah satu yang sudah adalah Es Teler 77, harganya sekitar Rp 1 miliar (menggunakan truk Toyota Dyna),” ucap Ardian kepada wartawan di acara AUTO2000 Commercial Expo di Piazza Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Kata dia, unit food truck dari Dyna telah diubah melalui karoseri dengan berbagai perlengkapan dapur yang telah disesuaikan dengan standar Es Teler 77.

Bahan yang digunakan untuk dapur food truck ini juga dibuat sama seperti di restoran, bukan di rumah. Agar lebih aman, bahan yang digunakan merupakan stainless steel.

Selain itu penggunaan Toyota Dyna sengaja dipilih karena diklaim lebih efisien dalam bahan bakar, sehingga mudah berpindah lokasi. Hanya saja, pembuatan karoseri tidak termasuk bahan baku, biaya sewa lokasi, dan genset.

 

 

1 dari 2 halaman

Biaya untuk Modifikasi

Tak ada harga pasti untuk melakukan modifikasi termasuk mengubah kendaraan untuk dijadikan food truck. Sebab, itu tergantung dari kebutuhan yang diinginkan konsumen.

Menurut Sales Development and Logistic Department Head Auto2000, David Tuerah, untuk harga paketan Toyota Dyna menjadi food truck memang bisa sampai Rp 1 miliar, karena itu sudah termasuk kendaraan baru.

Namun, konsumen juga bisa mengubah dengan hanya menggunakan Dyna yang sudah ada.

"Mungkin bisa sekitar Rp 100-200 juta. Tapi, tergantung kebutuhan dan disesuaikan dengan masing-masing franchise. Mereka beda-beda maunya," ungkap David.

Lebih lanjut David menyatakan, untuk pembuatan food truck itu desainnya tergantung permintaan wirausaha.

Untuk lama pengerjaannya, diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua bulan, tergantung tingkat kesulitannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini yang Ditawarkan DFSK Glory Selama Jakarta Fair 2018
Artikel Selanjutnya
Mau Tahu Seberapa Seksi Jualan Truk di Indonesia, Lihat Daftarnya